Daimler Siapkan Teknologi Wireless Charging Untuk Mobil

    Daimler Siapkan Teknologi Wireless Charging Untuk Mobil

    SHARE
    New Mercedes-AMG GT
    New Mercedes-AMG GT

    MESINBALAP.com – Daimler, induk perusahaan dari Mercedes-Benz, kini sedang membangun sebuah kemitraan dengan perusahaan teknologi perangkat mobile Qualcomm untuk mengeksplor fitur wireless charging yang ada pada ponsel agar dapat digunakan pada mobil elektrik.

    Langkah ini merupakan bagian dari dorongan yang lebih luas dari Daimler untuk membangun keahlian perusahaan dalam bidang perangkat lunak dan telekomunikasi demi meningkatkan statusnya sebagai produsen mobil berteknologi tinggi.

    Khususnya di era sekarang ini dimana pengetatan standar emisi memaksa pabrikan asal Jerman tersebut untuk menurunkan kebandelan mesinnya, sebuah hal yang dulu menjadi andalan untuk mengeruk profit.

    Dalam sebuah join statement, Daimler dan Qualcomm menyatakan bahwa mereka telah mengkaji penerapan teknologi nirkabel untuk mengisi daya kendaraan listrik serta plug-in hybrid EVS tanpa harus menggunakan konektor.

    Kedua perusahaan juga sedang mengeksplorasi teknologi yang akan memungkinkan pengguna untuk mengecas perangkat seperti ponsel secara nirkabel sambil mengemudi. Disamping itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengalaman di dalam mobil dengan penyediaan koneksi berkecepatan tinggi via jaringan 3G atau 4G.

    “Sangat penting bagi kami untuk tetap menjadi yang terdepan dalam hal teknologi dan terus memberikan pengalaman yang tak tertandingi bagi para pelanggan kami,” kata Thomas Weber, anggota dewan Daimler untuk bagian penelitian dan pengembangan.

    “Dengan tujuan ini, kami ingin mengeksplorasi kemungkinan adanya kerjasama masa depan dengan perusahaan teknologi internasional terkemuka seperti Qualcomm,” kata Weber dalam pernyataannya.

    Daimler yang merupakan produsen mobil premium kini sedang berupaya untuk menggenjot keahlian teknologinya. Disamping proyek wireless charging ini, perusahaan juga sudah ancang-ancang untuk mengadopsi fitur canggih dari divisi pemetaan Nokia, HERE.

    KOMENTAR