Kawasaki Ninja 150 Series Sudah Gak Ada Harapan Bertahan?

    Kawasaki Ninja 150 Series Sudah Gak Ada Harapan Bertahan?

    SHARE

    Kawasaki Ninja 150RR SE 2MESINBALAP.com – Perjalanan model 2-tak Kawasaki Ninja 150S, Ninja 150R, dan Ninja 150RR kini terancam berakhir. Bagi Kawasaki Motor Indonesia (KMI), untuk melanjutkan produksi dan pemasaran dari ketiganya akan sulit, karena akan terhalang oleh peraturan pemerintah yang mengharuskan setiap motor baru memenuhi standar emisi Euro III.

    Pengetatan regulasi tersebut telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (PMLH) Nomor 23/2012 yang mengubah PMLH Nomor 10/2012 tentang “Baku Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori L3”. Mulai Agustus tahun ini peraturan baru akan diterapkan dan produk motor baru tak bisa meluncur kecuali dengan membawa mesin berstatus Euro III.

    Wakil Kepala Departemen Penjualan dan Promosi KMI Michael Chandra Tanadhi mengungkapkan bahwa saat ini Kawasaki masih berupaya untuk merevisi mesin dari trio Ninja 2-stroke 150cc miliknya agar bisa menyesuaikan spesifikasi dengan standar emisi Euro III, sehingga penjualan bisa terus dilakukan di pasar tanah air.

    Ketiga varian Ninja 2-tak itu kini masih dalam tahap pengujian di Kementerian Perindustrian. Namun Michael tampak sedikit kurang yakin jika ketiganya nanti akan lulus uji emisi. “Kita belum pastikan, sekarang masih trail,” ungkap Michael.

    “Peraturan pemerintah mengenai Euro III gak akan bisa kita ubah, tapi produk kita kan bisa diubah supaya memenuhi standar mereka. Ninja 2-tak masih Euro II. Ini kita belum pasti apakah bisa lolos atau tidak,” tambah Michael.

    KOMENTAR