SUV Lamborghini Selangkah Lebih Dekat Untuk Jadi Nyata

    SUV Lamborghini Selangkah Lebih Dekat Untuk Jadi Nyata

    SHARE
    Lamborghini Urus Concept
    Lamborghini Urus Concept

    MESINBALAP.com – Setelah bertahun-tahun rumor dan spekulasi, Automobili Lamborghini mengumumkan rencananya untuk menambahkan sebuah SUV bernama Urus ke jajaran modelnya. Urus akan bergabung dengan supercar Huruc├ín dan Aventador di kandang produsen mobil mewah tersebut di tahun 2018.

    Urus akan diproduksi di pabrik Lamborghini yang berlokasi di Sant’Agata Bolognese, Italia. Pabrik itu sendiri kabarnya memerlukan perluasan, sehingga harus menambahkan 500 karyawan dan investasi “ratusan juta Euro,” menurut siaran pers perusahaan.

    Sebelumnya konsep dari Urus telah mengawali debutnya di ajang pameran Beijing Auto Show 2012, dan sejak saat itu Lamborghini telah mengisyaratkan akan kehadiran versi produksinya di masa mendatang.

    Proyek ini bisa dikatakan merupakan sebuah awal yang signifikan bagi perusahaan yang biasa dikenal dengan ciri khas mobil eksotis dua kursi itu. Proyek itu menargetkan penjualan hingga 3.000 unit per tahun, sebuah hasil yang akan menggandakan output Lamborghini saat ini.

    Disamping Lamborghini, sejumlah produsen mobil mewah lainnya juga telah meluncurkan versi konsep SUV dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Bentley dan Maserati.

    Lamborghini Urus

    Peningkatan permintaan untuk SUV mewah saat ini seperti Land Rover Range Rover dan Mercedes-Benz G-Class telah menunjukkan bahwa pembeli mewah di pasar global bersedia untuk pindah dari sedan ke SUV. Bahkan pabrikan mobil sport Porsche telah melihat penjualan SUV-nya menyalip jajaran modelnya yang lebih tradisional.

    Untuk mengatur tahap pendanaan proyek Urus diperlukan keterlibatan dari Volkswagen Group dengan Audi sebagai pemegang saham Lamborghini, selain itu juga Kementerian Ekonomi Pembangunan Italia, Invitalia (Italian national agency for inward investments and economic development), Emilia Romagna Region, dan komitmen dari pekerja otomotif serikat Italia.

    “Ini adalah saat yang membanggakan bagi semua orang di Lamborghini,” kata Presiden dan CEO Automobili Lamborghini Stephan Winkelmann dalam siaran pers perusahaan. “Pengenalan line model ketiga mendukung pertumbuhan perusahaan yang stabil dan berkelanjutan serta menandakan bagi kami awal era yang baru. SUV baru ini akan diciptakan di Sant’Agata Bolognese, menunjukkan komitmen kami untuk menjaga nilai-nilai ‘Made in Italy’ di seluruh dunia.”

    KOMENTAR