Konflik Dengan Yamaha, Pematenan Chevrolet ‘Bolt’ Dihentikan

    Konflik Dengan Yamaha, Pematenan Chevrolet ‘Bolt’ Dihentikan

    SHARE
    Yamaha Bolt C-Spec (Cafe Racer) dan Chevrolet Bolt EV Concept
    Yamaha Bolt C-Spec (Cafe Racer) dan Chevrolet Bolt EV Concept

    MESINBALAP.com – Meluncurkan mobil baru bisa jadi sesuatu yang menyenangkan sekaligus menakutkan bagi para pabrikan mobil, karena ada banyak tantangan yang siap untuk menghadang keberhasilan produk mereka.

    Chevrolet jelas sudah memahami hal ini, khususnya setelah proses pengaplikasian merek dagang Bolt dihentikan.

    United States Patent and Trademark Office (USPTO) telah membekukan pengajuan dari General Motors (GM) untuk mendaftarkan merek dagang mobil listrik barunya yang bernama Bolt.

    Karena telah ditemukan kesamaan yang membingungkan dengan sebuah merek dari perusahaan lain. Dan pemilik merek kedua yang dimaksud disini tak lain adalah Yamaha.

    Tampaknya pada Kamis, 9 Agustus 2012, sebuah dokumen pendaftaran U.S. federal trademark telah diajukan untuk nama Bolt oleh Yamaha. Setelah dilakukan pengecekan, rupanya merek tersebut memang sudah berstatus ‘terdaftar’, dan telah menerima nomor seri 85699282.

    Chevrolet baru memulai langkahnya untuk mematenkan nama Bolt pada tahun 2014 lalu dan itu sudah lewat beberapa tahun setelah Yamaha pertama kali mengamankan merek tersebut.

    Yamaha Star Bolt C-Spec (Cafe Racer)
    Yamaha Star Bolt C-Spec (Cafe Racer)

    Dengan kata lain, itu sudah terlambat. Apalagi kini pabrikan garpu tala tengah memasarkan sepeda motor yang juga berjuluk Bolt melalui sub-brand Star miliknya.

    Konflik ini mau tak mau akan memaksa Chevy untuk memilih nama lain bagi kendaraan elektriknya.

    Chevrolet Bolt EV Concept
    Chevrolet Bolt EV Concept

    Namun tak kekurangan akal, menurut laporan terbaru, perusahaan asal Amerika tersebut kini telah mengajukan pendaftaran untuk dua merek lain, namun tanpa meninggalkan kata ‘Bolt’.

    Dan nama tersebut adalah ‘Bolt EV’ dan ‘Chevrolet Bolt EV’, sebagai alternatif untuk memperjelas brand yang dibawa oleh GM.

    KOMENTAR