Kawasaki Ninja 150 Series Bakal Jadi Barang Koleksi

    Kawasaki Ninja 150 Series Bakal Jadi Barang Koleksi

    SHARE
    Kawasaki Ninja 150RR
    Kawasaki Ninja 150RR

    MESINBALAP.com – Penerapan standar emisi Euro3 yang sebentar lagi akan dilakukan di Indonesia telah mengancam keberlangsungan ‘hidup’ dari trio Kawasaki Ninja 150S, 150R, dan 150RR. Nasib dari ketiga motor 2-tak 150 cc itu kini sangat tergantung pada hasil pengujian tipe di Kementerian Perindustrian.

    Berbagai revisi dan perbaikan telah dilakukan terhadap ketiganya demi mencari titik temu antara spesifikasi mesin dengan standar emisi Euro3, meskipun tak ada jaminan bahwa hasilnya akan memenuhi syarat dan lulus pengujian.

    Tapi tampaknya KMI akan tetap legowo seandainya ketiga varian Ninja tersebut tak berhasil lulus uji tipe. Meskipun itu bisa berarti bahwa produksi dan pemasaran untuk ketiganya akan dibekukan.

    Bagaimanapun juga, Ninja 2-tak adalah model yang “legendaris” dan “collectible”. Jadi meskipun nanti sudah tak diproduksi lagi, motor tersebut akan tetap ada harganya. Konsumen tak hanya menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari, melainkan pemakaian juga didasari hasrat untuk mengoleksi.

    Sebetulnya regulasi baru pemerintah ini bukan hanya mengancam keluarga Ninja 2-tak, melainkan juga Ninja 250 yang juga masih mengusung spesifikasi Euro2. Jadi tetap saja perubahan perlu diterapkan pada semua model yang masih belum memenuhi standar.

    Jika ada yang bertanya-tanya, mengapa KMI masih mempertahankan tiga varian Ninja 2-tak yang sudah tak disegarkan lagi itu? Alasannya sederhana saja, karena ketiganya masih dipandang sebagai motor yang berkelas dan punya nilai jual di Indonesia, jadi tak heran jika Kawasaki masih memperjuangkan kelanjutan produksinya.

    KOMENTAR