Toyota: Brand Otomotif Paling Top di Jagad Raya

    Toyota: Brand Otomotif Paling Top di Jagad Raya

    SHARE
    TOYOTA 86 PRO-AM RACE CAR
    TOYOTA 86 PRO-AM RACE CAR

    MESINBALAP.com – Toyota sekali lagi menjadi brand otomotif paling bernilai di muka bumi, menurut studi BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2015.

    Merek otomotif Jepang tersebut memiliki nilai sebesar $28.9 miliar (Rp 380,7 triliun), yang menempatkannya di peringkat pertama dalam kategori mobil, dan peringkat ke-30 secara keseluruhan. Di bawah Toyota ada BMW dengan nilai $26,3 miliar (Rp 346,4 triliun), lalu kemudian ada Mercedes-Benz dengan $21,7 miliar (Rp 285,9 triliun).

    Tiga perusahaan tersebut memiliki nilai merek yang secara signifikan lebih besar dari automaker lain di 10 besar. Honda berada di peringkat ke-4 ($13.3 miliar), diikuti oleh Ford ($13.1 miliar), Nissan ($11.4 miliar), Audi ($10.2 miliar), Volkswagen ($9.2 miliar), Land Rover ($4.9 miliar) dan Lexus ($4.3 miliar).

    Studi BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands 2015 menggabungkan langkah-langkah dari ekuitas merek berdasarkan wawancara dengan lebih dari dua juta konsumen global tentang ribuan merek global yang pernah mereka jumpai.

    Menurut BrandZ, persepsi konsumen dari sebuah merek adalah masukan penting dalam menentukan nilai dari merek itu sendiri, karena sebuah merek adalah kombinasi dari kinerja bisnis, pengiriman produk, kejelasan posisi, serta kepemimpinan.

    Penelitian mencatat bahwa para produsen mobil kini menghadapi “dilema paradoks: Kualitas produk mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya, namun merek mereka semakin sulit untuk dibedakan”.

    TOYOTA 86 PRO-AM RACE CAR 01

    Ini merupakan sebuah poin yang menarik untuk dicermati, sebagaimana yang ditambahkan oleh analis MillwardBrown bahwa “mengurangi jumlah sasis yang digunakan di seluruh dunia dapat menghasilkan skala yang ekonomis dan penghematan biaya, akan tetapi itu juga dapat mengakibatkan kesamaan model mobil.”

    Dalam peringkat secara keseluruhan dari perusahaan yang paling top, Apple menduduki tahta tertinggi dengan nilai merek yang fantastis mencapai $246.9 miliar, diikuti oleh Google ($173.6), dan Microsoft ($115.5).

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR