Ini Sebabnya Mengapa Kawasaki Sanggup Lampaui Penjualan Suzuki

    Ini Sebabnya Mengapa Kawasaki Sanggup Lampaui Penjualan Suzuki

    SHARE

    Ninja 2 takMESINBALAP.com – Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) selama bulan Februari dan Maret tahun ini, Honda dan Yamaha berhasil menempati peringkat satu-dua dalam hal penjualan terbanyak. Sedangkan yang berada di urutan ketiga adalah Kawasaki.

    Kawasaki berhasil mencatatkan angka sales 16.968 unit pada bulan Februari lalu, menempatkannya diatas Suzuki yang menjual 11.010 unit. Lalu pada bulan berikutnya, yakni Maret, motor Kawasaki laku 14.736 unit, disusul Suzuki dengan 9.009 unit.

    Kedua hasil tersebut sedikit berbeda dengan bulan sebelumnya, Januari, dimana Suzuki masih mengatasi Kawasaki. Walaupun saat itu keadaannya sudah ditempel dengan selisih penjualan yang tipis.

    Melonjaknya angka penjualan Kawasaki pada kuartal pertama 2015 ini tidaklah terjadi secara ajaib, melainkan ada faktor utamanya, yakni ditingkatkannya produksi di dua pabrik di Cibitung dan Pulogadung.

    Saat ini Kawasaki Indonesia masih bergantung pada Ninja dua tak yang merupakan amunisi tetapnya. Produksi untuk model ini dilakukan di Pulogadung. Pabrikan disana jika dikombinasikan dengan yang ada di Cibitung akan menghasilkan total produksi bulanan 12.000 unit untuk semua model, namun belum termasuk CBU.

    Faktor lain yang jadi penyebab meningkatnya penjualan Kawasaki adalah launching sejumlah motor baru di tiga bulan pertama 2015. Jika ditotal, seluruh penjualan Kawasaki sejak Januari hingga April mencapai 47.475 unit.

    Di 2015 ini, Kawasaki juga melakukan perubahan terhadap target penjualannya, dari yang semula 157 ribu unit, kini menjadi 120 ribu unit. Alasannya adalah karena pasar sepeda motor yang sedang lemas. Sedikit kilas balik, tahun lalu angka sales Kawasaki mencapai 160.371 unit.

    KOMENTAR