Belum Juga Meluncurkan F-Pace, Jaguar Malah Sudah Siapkan Adiknya

    Belum Juga Meluncurkan F-Pace, Jaguar Malah Sudah Siapkan Adiknya

    SHARE
    Jaguar C-X17 concept
    Jaguar C-X17 Concept

    MESINBALAP.com – Jaguar akan segera meluncurkan mobil crossover pertamanya, F-Pace 2016, untuk bergabung kedalam pasar SUV yang sedang tumbuh subur saat ini, tapi pabrikan asal Inggris tersebut tak mau berhenti sampai disitu.

    Menyusul rumor bahwa Jaguar akan mengembangkan sebuah SUV berukuran lebih besar yang berjuluk J-Pace, kabar juga berhembus bahwa kini Jaguar sudah memiliki gambaran untuk crossover yang lebih kecil dari F-Pace.

    Car Magazine telah melaporkan bahwa model yang ketiga ini akan diberi nama E-Pace, dan akan siap untuk menandingi rival-rival seperti BMW X3 dan Mercedes-Benz GLC. Crossover ini juga akan menjadi cukup kecil untuk bisa mengadopsi platform Range Rover Evoque, sehingga itu akan memungkinkan perusahaan untuk menekan biaya pengembangan dan produksinya.

    Platform yang sama, Land Rover D8, juga digunakan sebagai basis dari new Discovery Sport. Mobil berstruktur baja itu bukan hanya relatif murah untuk diproduksi, tapi juga fleksibel dengan berbagai variasi style body-nya dan mudah untuk dimodifikasi dalam hal engineering.

    Akan tetapi, kenyataan bahwa E-Pace akan dikembangkan berbasis pada D8, itu berarti bahwa mobil tersebut tidak akan mengusung keunggulan dari platform aluminium-intensif baru seperti milik F-Pace dan sedan XE. Kecuali jika Jaguar menemukan solusi untuk secara signifikan merombak platform D8. Jika tidak, E-Pace mungkin akan kesulitan untuk berkompetisi melawan X3 dan GLC.

    Setidaknya akan butuh waktu tiga tahun lagi bagi E-Pace untuk meluncur, jika mobil itu benar-benar akan diproduksi, dan itu berarti masih banyak waktu bagi Jaguar untuk mengubah alur proyeknya dengan platform yang lebih ringan.

    KOMENTAR