Yamaha Sunday Race 2015 Seri 2: Riset R25 Mulai Berbuah Manis, GAP...

    Yamaha Sunday Race 2015 Seri 2: Riset R25 Mulai Berbuah Manis, GAP 3 Detik Sudah Terpangkas

    SHARE
    Riset Yamaha R25 Mulai Berbuah Manis
    Riset Yamaha R25 Mulai Berbuah Manis

    MESINBALAP.com – Tak perlu menunggu waktu terlalu lama buat meriset motor Yamaha YZF-R25 biar bisa belari kencang. Suatu pencapaian yang fantastis telah dilakukan oleh team-team Yamaha yang bertanding di event Yamaha Sunday Race Seri ke-2 di sirkuit Sentul kemarin.

    Atas dasar selisih catatan waktu antara seri perdana dengan seri kedua. Kalau di seri perdana rata-rata pembalap bermain di angka 1 menit 48 detik, sementara di seri kemarin sudah bisa mencapai 1 menit 45 detik. GAP catatan waktunya bisa dipangkas hingga 3 detik, hebat kan hasil karya para mekanik lokal kita.

    “Para mekanik sekarang sudah mulai terpacu untuk meriset motor mereka. Gimana caranya biar kuda besi mereka bisa kenceng”, tutur Supriyanto selaku Manager Motorsports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

    Ada banyak motor yang mesinnya sudah dibore-up hingga 280cc, sesuai dengan aturan main yang ada. Untuk penggunaan piston sendiri menggunakan piston yang berdiameter 63mm. Soal Electronic Control Unit (ECU) ada banyak pilihan yang bisa digunakan para mekanik.

    Supriyanto
    Supriyanto

    “Apalagi minggu kemarin habis digelar seri ARRC, bisa jadi salah satu rangsangan tersendiri. Tiga detik sudah bisa mereka pangkas, luar biasa”, lanjut pak Supriyanto.

    Tentunya mendapat respon yang positif. Terbukti banyaknya pemula yang hadir dan langsung ngeGasss di atas motorsport milik mereka. Inilah dunia balap baru yang sedang digandrungi banyak pecinta motor. Bisa dibilang kedepanya nanti akan lebih bagus dan akan melahirkan pembalap yang tangguh.

    Salah satu contoh pembalap yang masih melakukan riset buat ketahan mesin mereka adalah duet kakak beradik, Irwan Ardiansyah dan Hendriansyah. Hasilnya mereka mampu naik podium di kelas R250cc Profesional. Masih perlu kita tunggu lagi hasil riset pembalap asal kota Yogyakarta tersebut.

    Tinggal lihat hasilnya di ARRC Seri 3 Suzuka, Jepang
    Tinggal lihat hasilnya di ARRC Seri 3 Suzuka, Jepang

    “Banyak sekali yang perlu diuji cobakan. Penggunaan oil cooler pada event kali ini diganti dengan air mineral. Untuk selang sendiri tentunya menggunakan selang yang kuat dan tahan akan tekanan”, ungkap pembalap yang berhasil naik podium tertinggi dan diamini sama sang adik. (Editor: Bayu)

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR