Baidu dan BMW Bisa Kalahkan Google Dalam Pertarungan Mobil Self-Driving

    Baidu dan BMW Bisa Kalahkan Google Dalam Pertarungan Mobil Self-Driving

    SHARE

    Mobil Self-DrivingMESINBALAP.com – Sementara Google menggelindingkan satu armada kecilnya yang berisi mobil-mobil gelembung otonom untuk melakukan test drive, kabar lain dari ‘seberang kolam’ tiba-tiba muncul dengan laporan bahwa raksasa internet China, Baidu, juga memiliki proyek mobil self-driving bersama BMW, yang kini mulai membuahkan hasil.

    Menurut Guardian, Baidu berencana akan “merilis sebuah mobil self-driving bersama BMW pada akhir tahun ini.” Kedua perusahaan tersebut mengawali penggarapan proyeknya pada musim semi lalu, dan sejauh ini keduanya telah berkeliling di wilayah Beijing dan Shanghai untuk melakukan pengujian.

    Sebagai catatan, BMW merupakan sebuah produsen mobil mewah, dan kini akan berhadapan dengan Google yang menciptakan mobil otonom dengan kesan lebih ekonomis.

    Meskipun bergitu, Baidu mengungkapkan bahwa mobilnya masih akan didukung oleh kontrol manusia. Jadi teknologi yang dikembangkan mereka dirancang “untuk membantu pengemudi, bukan untuk menggantikannya”.

    Jadi sepertinya kolaborasi Baidu-BMW akan unggul dalam hal desain dan kemewahan, mengingat bahwa selama ini BMW adalah perusahaan yang sangat pandai dalam membuat desain.

    Di sisi lain, mobil Google yang tampaknya sederhana (walaupun yang ditampilkan saat ini masih berupa produk uji coba), tampaknya akan lebih berfokus pada pengaplikasian teknologi self-driving semaksimal mungkin, dan ini tak diragukan lagi merupakan titik keunggulan Google.

    Berikut update video untuk berita ini (kredit Wochit Tech):

    KOMENTAR