Mobil Klasik BMW 3.0CS Keluaran 1972 Siap Dijual

    Mobil Klasik BMW 3.0CS Keluaran 1972 Siap Dijual

    SHARE
    BMW 3.0CS Keluaran Tahun 1972
    BMW 3.0CS Keluaran Tahun 1972

    MESINBALAP.com – BMW 3.0CS adalah sebuah mobil favorit di antara jajaran model klasik BMW, dan tidak sulit untuk menemukan alasannya mengapa. Mobil ini mempunyai tampilan yang menakjubkan, desain yang sangat dihormati sejak awal penciptaannya di tahun 1971.

    3.0CS pada dasarnya adalah model 2800CS dengan mesin yang sudah diupgrade ke kapasitas 3.0-liter, dilengkapi dengan karburator twin dan mampu memompa output 180 HP.

    Daya itu mungkin hanya sepuluh HP lebih kuat dari Volkswagen Passat 1.8t yang ada saat ini, tapi mengingat bahwa 3.0CS dirilis tahun 1971, jelas itu memberinya nilai yang jauh lebih besar ketimbang sekedar power. Mobil ini mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu sekitar delapan detik, dan memiliki top speed 210 km/jam.

    Sebetulnya setelah masa 3.0CS, ada model 3.0CSi yang meluncur sebagai penerusnya dengan teknologi fuel injection dan tenaga 200 HP. Namun ada sesuatu yang begitu istimewa menyangkut rasa dan suara mesin karburator.

    Jika seseorang akan pergi untuk membeli mobil klasik, tentunya ia akan memilih sebuah model yang benar-benar terasa klasik. Dan mobil seperti BMW 3.0CS hanya akan menggelitik orang yang punya selera klasik tinggi.

    Model spesifik yang dibahas disini sebenarnya adalah keluaran 1972 yang mengusung spesifikasi Euro, yang berarti mobil ini memiliki bumper Eropa, lengkungan roda CSL, dan piston kompresi tinggi.

    Mesin BMW 3.0CS 1972
    Mesin BMW 3.0CS 1972

    BMW 3.0CS hadir dibalut cat Verona Red dengan interior berlapis kulit warna hitam. Mobil ini berada dalam kondisi yang sangat bagus dan terawat, walaupun umurnya sudah tua dan sudah pernah berpindah tangan kepada lima pemilik.

    Masing-masing pemilik telah terdokumentasi dan memiliki catatan jarak tempuh yang jelas. Mobil ini juga sudah sepenuhnya direstorasi pada tahun 2004, dan hampir tampak seperti baru keluar dari tampat perakitannya di tahun 1972.

    Sekarang mobil ini tak sesempurna dulu. Pergantian transmisi telah dilakukan, dari otomatis menjadi 5-percepatan manual. Sebuah A/C blower motor juga dipasang di bagasi, dan satu head-unit stereo baru pun telah ditanamkan.

    Interior
    Interior

    Meskipun ini bukanlah mobil kolektor yang perfect, namun sebetulnya ada daya tarik tersendiri yang dimilikinya. Kendaraan ini sudah tak seperti aslinya, namun dapat dikemudikan lebih lama, dan itulah tujuan utama dari penciptaannya.

    Mobil BMW tak diciptakan untuk terus-terusan nongkrong di garasi dalam keadaan tertutup, hanya untuk menunggu pemiliknya menemukan timing yang pas untuk menjualnya. Tidak, BMW tercipta untuk digeber dengan keras.

    Jadi meskipun mobil ini tak benar-benar sempurna, namun sebenarnya itu tampak luar biasa, sepenuhnya berfungsi secara mekanis dan dapat digeber secara maksimal. Jadi kondisi ini justru lebih baik dari “sempurna”.

    Eksterior BMW 3.0CS 1972
    Eksterior BMW 3.0CS 1972

    Satu-satunya hal yang jadi masalah adalah harganya. Dipatok $58.000 (Rp 772,3 juta), mobil ini bukanlah barang murah. Untuk dana sebesar itu konsumen bisa mendapatkan coupe bekas 640i 2014 dalam kondisi yang sepenuhnya bagus.

    Namun, jika ada yang mampu membeli 3.0CS ini, mungkin sang buyer akan lebih merasa puas memiliki mobil ini ketimbang sebuah 640i 2014. Sebab ini adalah mobil yang sangat indah dan merupakan salah satu kendaraan impian para penggemar BMW. Sejarahnya begitu panjang, pernah mengalami restorasi, dan telah menerima sejumlah modifikasi.

    Via bmwblog

    KOMENTAR