BMW Concept Path 22 Bukanlah Cafe-Racer, Tapi Roadster

    BMW Concept Path 22 Bukanlah Cafe-Racer, Tapi Roadster

    SHARE

    BMW Concept Path 22 - 007MESINBALAP.com – Diberi nama “Concept Path 22”, motor sangar ini diciptakan BMW khusus untuk event Wheels & Waves Festival, yang mempertemukan kumpulan motor custom, surfing, serta seni di kota Biarritz, Perancis.

    Karena BMW tak bisa jauh-jauh dari seni dan desain, divisi Motorrad menyajikan penafsiran pertama BMW tentang motor “scrambler”, dalam atmosfir indah Wheels & Waves Festival.

    Melihat detail tampilannya, sebagian bikers mungkin akan menyangka bahwa motor ini adalah tipe cafe-racer. Namun meskipun basis pengembangannya sudah jelas dari model R nine T (yang merupakan sebuah cafe-racer), namun BMW menegaskan bahwa ini adalah motor tipe roadster.

    Aslinya, scrambler pertama kali muncul di tahun 1950-an sebagai motor modifikasi yang dikhususkan untuk menempuh jalur off-road. Kendaraan semacam ini biasanya menampilkan ban deep-tread, spring travel yang ditingkatkan serta knalpot yang tinggi; orang bisa menyebutnya sebagai nenek moyang dirt-bike modern.

    Kalau sekarang, sama saja seperti cafe-racer, scrambler merupakan sejenis motor klasik-modern yang telah dipreteli bagian-bagiannya yang tak diperlukan dan dimodif untuk bisa tampil seperti sebuah motor vintage.

    BMW Concept Path 22 - 002

    Lebih lanjut, BMW Motorrad berpikir bahwa scrambler merupakan lambang sepeda motor yang dibangun melebihi standar dan konvensi yang telah ditetapkan, itulah sebabnya BMW ingin menciptakan motor tipe ini.

    “Concept Path 22” bahkan juga dilengkapi dengan jaket kulit khusus dan dua papan selancar, milik artis Ornamental Conifer dan desainer papan selancar Mason Dyer dari Dyer Brand – keduanya juga ikut menggarap beberapa isyarat desain visual pada motor ini.

    BMW Concept Path 22 - 0011

    Sebagaimana tersebut dalam namanya, “Concept Path 22” hanyalah sebuah konsep, namun motor ini telah menunjukkan sekilas tentang modifikasi apa yang dapat diterapkan pada model R nine T. Bahkan sebenarnya R nine T sendiri memang dirancang untuk menjadi sebuah model yang sangat customizable – atau dengan kata lain, sangat mudah untuk dimodifikasi.

    BMW Concept Path 22 - 0023

    Di masa sekarang, keberadaan motor Scrambler bergantung pada estetika, sehingga mesin yang kuat bukanlah unsur yang sangat perlu untuk ditanamkan. Kendati demikian, “Concept Path 22” yang hadir dengan mesin dua silinder dan cardan drive memiliki kemampuan memompa tenaga sebesar 110 HP.

    Menurut BMW, konsep ini cukup jauh dari unsur-unsur “rustic”, sebab ada beberapa komponen mahal dari Öhlins dan Gilles Tooling yang terpasang padanya, seperti knalpot Akrapovic, panel instrumen MotoGadget dan bagian milled yang dibuat oleh Roland Sands Design.

    GALERI FOTO:

    KOMENTAR