Randy De Puniet Uji Coba Mesin Prototype Suzuki MotoGP di Motegi Jepang

 MotoGP
Prototype Suzuki MotoGP

Prototype Suzuki MotoGP

MOTEGI, Mesinbalap.com – Tekad Suzuki untuk kembali ke ajang balap motor paling bergengsi didunia ini semakin menguat saja setelah banyaknya rumor membising ditelinga kita. Hari ini, Suzuki telah mengkonfirmasi secara resmi bahwa Randy De Puniet didaulat sebagai pembalap tester mereka dalam uji coba resmi hari ini di sirkuit Motegi, Jepang.

Dalam laporan resmi yang kami terima hari ini, Randy akan menguji coba mesin prototype terbaru Suzuki yang akan digunakan secara resmi pada race tahun depan. Suzuki kemungkinan besar akan mengadopsi mesin 1000cc dengan konfigurasi inline four-cylinder (4-silinder segaris) pada motor prototype baru mereka dan tak lagi menggunakan konfigurasi mesin V4 seperti Honda RC212V maupun RC213V.

Sayangnya, Randy menolak mentah-mentah ketika ditanya mengenai rincian spesifikasi lengkap dari mesin prototype Suzuki terbaru. Namun demikian, pembalap Perancis ini hanya mengatakan kami besok akan berangkat ke Jepang untuk melakukan uji coba dengan Suzuki di Motegi.

“Ya. kami besok berangkat ke Jepang untuk melakukan uji coba dengan Suzuki di Motegi, dan itu baik bagi saya karena saya akan dengan sangat cepat melupakan balapan hari ini dan saya pikir itu akan bagus untuk Mugello. Saya akan siap untuk segera menjadi cepat. Itu adalah pengalaman yang baik bagi saya bagaimana melakukan pekerjaan yang besar dan saya benar-benar berharap kembali ke Mugello untuk balapan yang bagus”, ujar Randy.

Meskipun belum ada konfirmasi apapun dari Suzuki, tetapi mantan manajer tim Valentino Rossi di Yamaha yakni Davide Brivio digadang-gadang bakal menjadi manajer tim pabrikan Suzuki di MotoGP tahun depan. Davide Brivio adalah orang yang pertama kali membujuk Rossi untuk pindah ke Yamaha pada tahun 2004 yang lalu dan memiliki hubungan yang cukup dekat dengan pembalap bernomor 46 tersebut.

Inilah sebabnya mengapa Suzuki memutuskan untuk menggunakan mesin inline 4-silinder daripada V4 dan mungkin mantan manajer Rossi tersebut telah menyarankan hal ini kepada para insinyur Suzuki. Brivio telah bekerja cukup lama di Yamaha bersama Valentino Rossi dan tentu saja om gue yang bernama Jeremy Burgess. :D Mungkinkah Brivio mengetahui sedikit rahasia racikan mesin YZR-M1?? Tanda tanya doang ahh, gak bakal saya jawab sekarang. :v

Rumor membahana lainnya mengungkapkan bahwa tiga pembalap MotoGP saat ini akan menjadi kandidat kuat untuk membela Suzuki tahun depan. Siapakah dia? Mereka adalah Cal Crutchlow, Ben Spies dan yang terakhir adalah Randy De Puniet yang menguji mesin prototype Suzuki hari ini.

Bagaimanapun, Cal Crutchlow mungkin akan mendapat kursi paling jos di tim pabrikan Suzuki jika dia mau menerima tawaran tersebut. Terlepas dari hal itu, isu santer soal PHK yang akan dilakukan oleh Yamaha Tech 3 kepada Crutchlow pada tahun depan juga semakin cetarr membahanaa. Jika memang demikian, maka benar saja jika Crutchlow akan membalap bersama Suzuki di MotoGP 2014.

Leave a Reply