Honda RC213V-S Untuk Indonesia Satu Saja

    Honda RC213V-S Untuk Indonesia Satu Saja

    SHARE
    Ketika Honda RC213V-S Dipretelin
    Ketika Honda RC213V-S Dipretelin

    MESINBALAP.com – Tentu kita sudah mendengar kabar tentang peluncuran hyperbike Honda RC213V-S, yang merupakan salah satu moge paling joss saat ini. Mungkin diantara para bikers tanah air ada yang bertanya-tanya, akankah RC213V-S hadir di Indonesia?

    Nah, untuk pertanyaan ini, PT Astra Honda Motor (AHM) punya jawabannya. Kabarnya, AHM berencana akan membawa pulang Honda RC213V-S ke Indonesia, tapi jumlahnya tak banyak-banyak, melainkan hanya satu unit saja.

    Sedikit merinci, motor yang sangat ngetop ini dibekali dengan mesin V4 berkapasitas 999 cc dengan 16 valve dan kemampuan memompa daya 212 HP, harganya dipatok €188.000 atau sekitar Rp 2,82 Milyar. Mahal kan?

    Bagaimanapun juga, tujuan AHM menghadirkan RC213V-S di Indonesia “hanya untuk keperluan khusus seperti show di sirkuit, bukan untuk dihomologasi untuk dipakai di jalan raya.”

    Namun President Director PT AHM Toshiyuki Inuma sedikit memberi harapan. Katanya sih kalau ada yang minat dan ingin beli, “nanti akan dipertimbangkan,” meskipun Inuma meragukan hal itu dengan bertanya, “tapi apa ada yang minat? Karena harganya mahal sekali.” Ringkasnya ia yakin bahwa tak ada konsumen tanah air yang mampu beli motor ini.

    Wujud Honda RC213V-S Tanpa Fairing Samping
    Wujud Honda RC213V-S Tanpa Fairing Samping

    RC213V-S sendiri merupakan hasil konversi dari RC213V yang ganas dan liar, namun kini sudah dirombak agar lebih jinak dan bisa ditunggangi di jalan raya. Untuk itu, kesaktian katup pneumatik dan seamless gearbox pun dicabut dari motor ini.

    Namun masih ada paket upgrade khusus yang hanya boleh dipakai di trek, yakni sistem pengapian dan knalpot yang mampu meningkatkan powernya secara drastis.

    KOMENTAR