Melaju 400 km/jam, Kawasaki Ninja ZX-14R Gosong Dilahap Api

    Melaju 400 km/jam, Kawasaki Ninja ZX-14R Gosong Dilahap Api

    SHARE
    Kawasaki Ninja ZX-14R Turbocharger
    Kawasaki Ninja ZX-14R Turbocharger

    MESINBALAP.com – Video ini merupakan testimoni nyata tentang betapa pentingnya menggunakan komponen berspesifikasi tinggi ketika akan melakukan aktifitas balap diatas trek.

    Entah itu untuk menguji ketahanan, atau sekedar melesat di jalur lurus, sebab hampir setiap bagian motor pasti akan menerima stressing yang jauh lebih besar dari penggunaan normal.

    Para produsen suku cadang racing-grade tahu betul bahwa produk mereka harus mampu menahan tekanan yang puluhan kali lipat lebih kuat dari kadar maksimal yang bisa diterima oleh produk biasa.

    Keamanan race sangat tergantung pada ketahanan bagian-bagian vital yang diusung oleh motor, disini kita berbicara tentang rantai, knalpot, fairing, ban, dan berbagai komponen penting lainnya.

    Dengan menempelkan label “kualitas balap” pada produk-produk ini, berarti perusahaan telah berkomitmen untuk melakukan bisnis yang serius, lebih dari sekedar permainan iklan.

    Kecepatan, Kekonyolan, atau Kemenangan yang Keren?

    Dan sekarang rasanya agak sulit untuk menilai video dibawah ini. Pada satu sisi, kita melihat sebuah motor Kawasaki Ninja ZX-14R turbocharger melesat dengan kecepatan ekstrim 400 km/jam dalam sekali geber di sebuah event balap resmi di Finlandia.

    Kecepatan ini terbilang cukup gila untuk bisa membuat banyak pembalap ketakutan hanya dengan menonton videonya saja. Namun mengetahui terjadinya kegagalan komponen pada laju 400 km/jam adalah sesuatu yang jauh lebih menakutkan lagi.

    Untungnya itu hanya jalur oli yang pecah, dan bukan mesin atau suspensi motor yang rusak. Sebab jika kegagalan mesin atau suspensi terjadi ditengah laju yang luar biasa seperti itu, maka tak diragukan lagi bahwa kecelakaan yang hebat bisa menimpa sang rider.

    Tapi tetap saja, kebocoran jalur oli bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh, sebab cipratan yang ditimbulkannya, ditambah balutan api yang menyembur kearah rider, itu bukanlah situasi yang menandakan keamanan berkendara, khususnya ketika hal itu dialami di siang hari.

    Namun akhirnya sang rider pun berhasil menghentikan motor dan langsung melepaskan diri dari kobaran api. Pada paruh kedua video tampak jelas bagiamana api menyebar dan melumat windscreen hingga leleh, sebelum akhirnya menggosongkan seluruh bagian motor. Yang menakjubkan adalah, memory SD card dalam kamera GoPro yang dipakai untuk merekam kejadian ini bisa keluar dengan selamat.

    Saat insiden terjadi, tim penyelamat tak langsung tiba, butuh beberapa waktu untuk menjangkau lokasi yang sudah cukup jauh dari garis start itu. Setelah api dipadamkan, SD card pun dicabut dari kamera yang sudah hangus, dalam keadaan utuh dan berfungsi normal.

    Terlepas dari kejadian yang mengerikan ini, kita masih bisa menyebutnya sebagai “kemenangan yang keren”, sebab rider dalam kondisi selamat, dan yang tak kalah pentingnya, memory SD card masih sehat wal afiat, sehingga bisa menceritakan kepada kita bagaimana rasanya dipanggang diatas motor setelah menembus kecepatan 400 km/jam.

    KOMENTAR