Hari Gini Masih Manasin Sepeda Motor? Kenali Dampak Negatifnya

    Hari Gini Masih Manasin Sepeda Motor? Kenali Dampak Negatifnya

    SHARE

    rcvgeberMESINBALAP.com – Diantara sekian banyak pengguna sepeda motor di Indonesia, mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa memanaskan mesin sebelum berkendara adalah sebuah keharusan. Pada kenyataannya tidak, sebab teknologi sepeda motor di masa kini sudah terbilang maju dan tak memerlukan lagi pemanasan yang berlebihan.

    Perkembangan teknologi telah menjangkau area mesin sepeda motor, dengan tujuan untuk menekan konsumsi bahan bakar. Buahnya, kini sudah ada teknologi Fuel Injection, yang mampu mengatur kebutuhan bahan bakar dengan Engine Control Module, sehingga mesin tak perlu lagi dipanas-panasi sebagaimana motor yang masih pakai karburator.

    Menurut Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edi, kalau mau memanaskan motor injeksi, 30 detik saja sudah cukup, atau maksimal 1 menit, setelah itu “biarkan stasioner. Oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia.”

    Lebih lanjut, Edi menjelaskan bahwa pemanasan mesin yang keseringan dan berlebihan dapat menimbulkan dampak yang negatif, salah satunya yang paling umum adalah buang-buang bahan bakar. Bensin yang semestinya untuk dipakai berkendara malah terbuang sia-sia. Disamping itu, komponen motor seperti knalpot bisa mengalami overheating, sehingga itu akan merusak catnya.

    Mesin berteknologi injeksi, meskipun tak dipanaskan akan selalu siap untuk diajak menggelinding. Sebab mesin sangat jauh dari yang namanya brebet atau macet karena kedinginan, jadi berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator. Dengan sistem injeksi, kecil kemungkinan hal itu bisa terjadi.

    Lazimnya pada motor bersistem karburator kita akan mendapati keberadaan tuas choke. Itu berguna untuk membantu mesin yang kedinginan supaya lebih mudah nyala. Sementara pada motor injeksi tuas choke tidak ada, sebab sudah ada sensor yang mendeteksi temperatur mesin.

    KOMENTAR