Kupas Tuntas Jeroan Honda CBR1000RR SP, Motor Nomor Satu PT AHM

    Kupas Tuntas Jeroan Honda CBR1000RR SP, Motor Nomor Satu PT AHM

    SHARE
    Honda CBR1000RR SP
    Honda CBR1000RR SP

    MESINBALAP.com – Jika kita ingin mengetahui model sepeda motor paling top yang diusung oleh PT Astra Honda Motor (AHM), maka tak diragukan lagi bahwa model tersebut adalah Honda CBR1000RR SP, yang sudah meluncur dengan tema “The Ultimate Handling Machine”.

    Sejak debut pertamanya via tipe CBR900RR pada tahun 1992 silam, berbagai perubahan telah dialami oleh model ini dari masa ke masa, baik dari segi sasis maupun mesin, yang paling signifikan adalah saat generasi ketujuh meluncur di tahun 2004, dimana sasis dan mesinnya berevolusi menjadi CBR1000RR dengan konsep balap yang terus terbawa hingga saat ini.

    Kini Honda CBR1000RR telah sampai pada generasi ke-12, yang berjalan dengan mesin 4-silinder segaris dengan 16-valve yang berkapasitas 999,8 cc dan berpendingin cairan. Dengan unit tersebut, motor ini mampu memproduksi power sebesar 178,3 HP pada rotasi 12.250 rpm, dan torsi 114 Nm pada 10.500 rpm.

    Untuk suplai bahan bakarnya sudah menggunakan sistem PGM-DSFI (Programmed-Dual Sequential Fuel Injection), dimana terdapat injektor ganda pada setiap saluran ruang bakar yang dikontrol secara akurat oleh ECM.

    Berkat teknologi ini, tarikan mesin jadi lebih mantap dan responsif. Disamping menonjol dalam hal tenaga, mesin juga sudah memenuhi standar emisi EPA, menjadikannya sebuah jantung motor yang benar-benar istimewa.

    New CBR1000RR Fireblade SP Edition - Foto 28/34

    Sebagai sebuah moge papan atas, CBR1000RR SP sudah pernah terlibat dalam berbagai kejuaraan balap internasional, motor ini jadi pilihan tak lain karena tunggangannya yang enak.

    Dikembangkan diatas frame Diamond Aluminium Composite Twin Spar yang kompak dan ringan, moge ini memang cocok untuk dipakai ngaspal di trek, dan memang disitulah habitat aslinya.

    Untuk menunjang kontrol traksi ketika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi, suspensi Ohlins pun telah dipasang, dengan bagian depan memakai tipe teleskopik inverted yang fully adjustable, dan yang belakang menggunakan TTX36 dengan setup suspensi UNIT Pro-Link. Semua itu dikombinasikan dengan ban khusus Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium yang punya daya cengkram tinggi.

    New CBR1000RR Fireblade SP Edition - Foto 33/34

    Mekanisme pergantian gigi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan tepat berkat keberadaan teknologi Assist Slipper Clutch yang diadopsi dari Honda RC212V. Kestabilan motor juga semakin diperkuat dengan adanya fitur Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang berperan sebagai sistem peredam elektronik pada stang, sehingga dalam kecepatan tinggi maupun rendah; stabilitas, kendali, serta line motor bisa terjaga dengan baik.

    Disamping itu, sistem pengereman juga sudah memakai teknologi yang mutakhir, dengan mengkombinasikan ABS yang dikontrol secara elektronik dengan kaliper brembo 4 piston yang biasanya diaplikasikan untuk motor trek, sehingga mampu menghasilkan keseimbangan yang bagus dalam pengereman.

    New CBR1000RR Fireblade SP Edition - Foto 21/34

    Sekarang poin terakhir yang belum dibahas mengenai Honda CBR1000RR SP adalah harganya, mungkin sudah banyak orang yang tahu. Jadi untuk memperjelas saja, motor sport ini dibanderol Rp 575 juta. Dan untuk pasar Indonesia, opsi warna yang tersedia adalah HRC Tricolor.

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR