Touratech Kembangkan Aksesoris Khusus Kawasaki KLR650

    Touratech Kembangkan Aksesoris Khusus Kawasaki KLR650

    SHARE
    Kawasaki KLR650
    Kawasaki KLR650

    MESINBALAP.com – Jika dipikir-pikir, tak ada sesuatu yang spektakuler dari Kawasaki KLR650. Motor ini selalu meluncur hampir tanpa perhatian media, meskipun ketika model baru sudah ngaspal selama bertahun-tahun. Namun KLR650 merupakan salah satu gerbang utama menuju dunia petualangan, mirip seperti Honda XL600V Transalp.

    Motor ini adalah sebuah platform pembelajaran yang sangat baik bagi para rider baru, dan bisa dipakai berkendara dengan berbagai jenis riding style, mau main kalem ataupun kasar, bisa.

    Seringkali tipe-tipe motor yang tak terkenal seperti ini justru mengusung karakteristik sejati dari bike dual sport. Model 650 cc lainnya yang setara adalah Suzuki DR650 dan Honda XR650L.

    Tampil low-profile, terkadang motor-motor semacam ini malah jauh lebih unggul ketimbang jajaran bike petualang yang booming lewat iklan. Keunggulan tersebut akan tampak khususnya ketika motor berhadapan dengan jalanan yang sulit dan penuh rintangan.

    Ringan, simpel, dan lebih mudah bermanuver, motor-motor dual sport yang “rendah hati” ini juga lebih murah ketimbang model seperti BMWR1200GS, Yamaha XT1200Z atau KTM 1190/1290.

    Kawasaki KLR650 04

    Namun lantaran sosoknya yang low-profile juga, jadi banyak produsen aksesoris aftermarket yang mengabaikan keberadaan motor-motor tersebut.

    Pada satu sisi, ini merupakan suatu hal yang wajar dalam dunia marketing. Sebab pada umumnya konsumen yang menyukai motor mahal akan cenderung untuk terus memperkuat tunggangannya dengan membeli berbagai aksesoris tambahan.

    Hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Bagi para peminat motor murah yang suka banting setir sana-sini, kemungkinan kuat tidak akan melengkapi tunggangannya dengan aksesoris petualang untuk menunjang nilai seni. Bahkan masih kecil kemungkinan mereka akan membeli aksesoris motor yang harganya lebih murah.

    Kawasaki KLR650 01

    Di Eropa, motor petualang dengan berat sedang biasanya laku keras. Alasannya sederhana, sebab disana kalau orang beli tujuannya lebih condong kepada pemakaian total, bukan untuk meningkatkan status sosial.

    Mungkin ini kedengaran sedikit blak-blakan, tapi memang begitulah kenyataannya. Biasanya orang Eropa kalau beli motor karena memang mereka butuh. Adakalanya untuk keperluan jalan-jalan di akhir pekan, pergi liburan, ataupun berpetualang melintasi jalur-jalur yang liar. Jadi mereka benar-benar aktif memakai motornya.

    Kawasaki KLR650 05

    Sekarang dengan adanya krisis finansial, orang mulai beralih ke tunggangan yang lebih terjangkau, sehingga motor seperti Kawasaki KLR650 pun makin terlihat muncul ke permukaan pasar. Lantaran hal itulah perusahaan seperti Touratech ingin memanfaatkan momen untuk bergelut di segmen ini.

    Produsen aksesoris tersebut tengah mengembangkan produk khusus untuk Kawasaki KLR650, ini akan menciptakan pondasi yang bagus untuk pertumbuhan segmen ini kedepannya, dan mungkin juga akan ada motor-motor lain yang seperti KLR650.

    Kawasaki KLR650 03

    Sejauh ini ada cukup banyak aksesoris yang disediakan Touratech untuk KLR650, diantaranya adalah: pipa knalpot, switch protector untuk standar samping, garpu spring progresif serta sepasang rear shock, suspensi belakang spring Hyperpro, bar riser, alu pannier, sidecase/topcase rack, wide serrated foot pegs, dan yang terakhir adalah metal mesh protector untuk lampu depan.

    Diperkirakan masih akan ada aksesoris lainnya yang akan menyusul. Dan di bawah ini adalah sebuah video review singkat untuk Kawasaki KLR650.

    KOMENTAR