MotoGP Assen 2015: Ini Rahasia Kencangnya Rossi di Babak Kualifikasi

    MotoGP Assen 2015: Ini Rahasia Kencangnya Rossi di Babak Kualifikasi

    SHARE
    Valentino Rossi, Kualifikasi Q2 MotoGP Assen Belanda (26/06/2015)
    Valentino Rossi, Kualifikasi Q2 MotoGP Assen Belanda (26/06/2015)

    MESINBALAP.com – Sudah bukan rahasia lagi jika Yamaha memboyong sasis baru di ronde ke-8 MotoGP Assen Belanda akhir pekan ini. Sasis baru Yamaha M1 ini tersedia buat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

    Laju The Doctor diatas M1 memang sangat kencang sejak sesi free practice pada hari Kamis kemarin. Hingga berbuah manis pole position di kualifikasi Q2 dengan mencetak rekor baru 1 menit 32,627 detik.

    Namun, rahasia kencangnya Rossi di babak kualifikasi kemarin tak hanya karena sasis baru tersebut. Melainkan ada banyak modifikasi yang sudah dilakukan timnya sejak seri Catalunya dua Minggu lalu. Salah satunya adalah soal keseimbangan Yamaha M1.

    “Sejujurnya kami belum melakukan banyak perubahan akhir pekan ini tapi sejak Barcelona sesuatu telah berubah, kami membuat kemajuan”, ujar Rossi.

    “Pada hari Sabtu di Barcelona kami memutuskan untuk melakukan banyak modifikasi terhadap keseimbangan motor. Dan aku merasa langsung jauh lebih baik dan punya kecepatan yang lebih baik.”

    Nah itu dia rahasinya, gak heran jika laju Rossi sangat kencang dan stabil diatas M1, disamping Rossi sendiri memang jago di Assen sejak dulu. Belok kiri belok kanan sambil rebahan okelah dan M1 nurut diajak bermanuver di tikungan.

    rossi assen q21

    Tapi sasis baru yang dibawa Yamaha itu juga ada manfaatnya yakni M1 jadi lebih lincah dan grip terhadap ban bekas meningkat. Kalau pakai ban baru alias ban segar ya pastilah gripnya selalu bagus. hehe..

    Makanya sasis baru ini dibawa, tujuannya biar dapat grip yang lebih baik saat kondisi ban mulai aus terutama di pertengahan lomba.

    “Kami juga menerima sasis baru dari Yamaha yang sangat bagus menurutku. Aku sangat menyukainya. Yamaha berusaha meningkatkan feeling dan terutama agar mendapat lebih banyak grip pada ban bekas”, beber Rossi.

    “Itulah targetnya dan sejujurnya saat mereka mengatakan ini kepadaku, aku punya beberapa tanda tanya karena motor kami sudah sangat mantab dari sudut pandang ini. Tapi ketika aku mencoba sasis baru itu aku merasa oke. Secara umum (M1) lebih gampang dinaiki, terutama setelah 10-15 lap.”

    KOMENTAR