MotoGP Assen 2015: Sasis Lama RCV Jaga Ritme Marquez, Sasis Baru Hanya...

    MotoGP Assen 2015: Sasis Lama RCV Jaga Ritme Marquez, Sasis Baru Hanya Asik Buat Single Lap

    SHARE

    Marquez Assen Q2MESINBALAP.com – Setelah terjatuh di Mugello dan Catalunya akhirnya Marc Marquez memutuskan untuk menggunakan sasis lama di seri MotoGP Assen pekan ini. Bukan tanpa sebab, melainkan memang ada sebabnya yaitu sering ndlosor saat membesut paket baru Honda RC213V spek 2015.

    Sasis 2014 tersebut dikombinasikan dengan mesin baru, swing-arm baru dan knalpot baru. Dan hasilnya kelihatan sejak sesi free practice hari Kamis kemarin, dimana laju MM diatas RCV menjadi lebih terukur dan stabil.

    Menurut Marquez, sasis 2014 tidak begitu kritis. Maksudnya tidak terlalu bermasalah buatnya, beda dengan sasis anyar yang disinyalir justru mengundang banyak masalah. “Aku senang karena sasis 2014 tidak begitu kritis dan itu membantuku, terutama untuk menjaga ritme saat balapan”, ucap Marquez.

    Contohnya saat memasuki tikungan, MM dipaksa bertumpu pada ban depan karena kurangnya grip pada bagian belakang. Dan saat melakukan late braking motor terlihat kurang begitu stabil jika dibandingkan dengan saat menggunakan sasis lawas.

    Intinya menurut MM, sasis baru RCV itu asik tatkala dipakai single lap tapi gak asik banget saat dipakai lomba full-lap. Barangkali itu penyebab doi sering ndlosor musim ini. Hmm… sudah kulihat. Namun sasis 2014 bisa menjaga ritme doi saat balapan, gitu katanya.

    “Dengan sasis 2015 mungkin untuk satu lap aku bisa lebih kuat, tapi dengan yang satu ini (sasis 2014) aku mampu menjaga kecepatan yang lebih konstan dan stres ban berkurang”, terang MM.

    MM Assen Q2

    Bicara soal balapan besok, Marquez mengatakan bahwa targetnya adalah finish di podium, tapi doi akan mengambil resiko jika ada kesempatan menempel Rossi.

    “Sulit melakukan overtake disini, hanya ada dua atau tiga titik. Dan jika aku ingin mengikuti Valentino aku akan mengambil resiko. Target utama adalah finish di podium tetapi jika kami mampu bertarung demi kemenangan maka aku akan berusaha”, tutup Marquez.

    KOMENTAR