Penyusutan Pasar Sepeda Motor Pada Setengah Tahun Pertama 2015

    Penyusutan Pasar Sepeda Motor Pada Setengah Tahun Pertama 2015

    SHARE

    beatfiMESINBALAP.com – Pasar sepeda motor di tanah air kita ini memang lagi lemes-lemesnya, tren yang menurun diperkirakan masih akan berlanjut dengan penjualan semester pertama 2015 berada pada kisaran angka 3,3 juta-3,4 juta unit.

    Atau dengan kata lain penjualannya drop 19 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, dimana penjualan bisa mencapai 4,2 juta unit.

    Harga komoditas ekspor yang melorot ditambah dengan leletnya perekonomian di Indonesia telah menjadi faktor utama yang melemahkan daya beli konsumen, jadi tak heran jika pasar sepeda motor menurun tajam.

    Kata Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwijaya, AHM yang saat ini masih memimpin pasar, telah menargetkan 2,2 juta unit untuk penjualan selama Januari-Juni 2015. Hasil ini semakin memperkuat posisi Honda di puncak tahta sepeda motor nasional, dengan pangsa pasar 68 persen.

    Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan secara keseluruhan selama lima bulan pertama 2015 telah menurun hingga 23 persen menjadi 2,6 juta unit. Diperkirakan penurunan akan berlanjut hingga akhir tahun, dengan kisaran angka total 6,7 juta-6,8 juta unit, dibanding tahun lalu yang tercatat 7,9 juta unit.

    AHM sudah mengantisipasi kondisi buruk ini dengan mengubah target penjualannya yang semula 5,1 juta – 5,2 juta unit, kini dikurangi menjadi hanya 4,6 juta – 4,8 juta unit saja. Mereka berusaha untuk menjaga agar penjualannya tak menurun sesignifikan industri.

    KOMENTAR