Berpotensi Gosong, Motor Super Cepat Ini Ditarik Dari Pasar

    Berpotensi Gosong, Motor Super Cepat Ini Ditarik Dari Pasar

    SHARE
    Kawasaki Ninja H2R
    Kawasaki Ninja H2R

    MESINBALAP.com – Tentu setiap orang akan merasa senang jika memiliki motor super cepat, khususnya bagi mereka yang menyukai kecepatan, walaupun top speed tidak akan pernah dikeluarkan, atau mungkin tidak pernah dipakai melaju cepat.

    Tapi apa jadinya jika sebuah hyperbike justru berpotensi mengalami kegagalan komponen yang membahayakan keselamatan?

    Seperti halnya Kawasaki Ninja H2R, meluncur dengan gelar motor produksi tercepat di muka bumi, tak lantas membuatnya menjadi tunggangan yang 100% sempurna. Faktanya, motor trek ini dikabarkan memiliki kelemahan pada ikatan kabel yang membuatnya harus ditarik dari pasar.

    Sebagaimana dilaporkan oleh Motorcycle, Australian Competition & Consumer Commission (ACCC) telah mengumumkan bahwa di Australia, Ninja H2R harus ditarik massal untuk diperbaiki seluruhnya.

    Informasi dari ACCC menyebutkan bahwa di beberapa unit H2R terdapat kelemahan ikatan kabel yang bisa membuatnya terlepas diantara komponen pada frame. Hal ini akan dapat merusak kabel tersebut dan berpotensi mengacaukan kinerja mesin.

    Yang paling parah, kerusakan kabel itu bisa mengganggu sistem injeksi hingga mengakibatkan motor terbakar. Jangan sampai H2R bernasib gosong seperti Ninja ZX 14R yang belum lama ini melaju 400 km/jam dalam sebuah event balap di Finlandia.

    Masih belum ada kabar lebih lanjut mengenai masalah penarikan ini. Boleh jadi pengumumannya hanya di Australia, namun Ninja H2R adalah model limited edition yang jumlahnya sangat terbatas, jadi bukan tidak mungkin recall juga akan dilakukan di negara lain.

    Lantaran ditemukannya kesalahan produksi ini, penyelidikan juga akan dilakukan terhadap model street-legal Ninja H2, guna mencari tahu apakah terdapat kelemahan yang sama pada motor tersebut.

    KOMENTAR