Mobil Balap Aston Martin ‘Ulster’ 1935 Laku Terjual Rp 60,8 Miliar

    Mobil Balap Aston Martin ‘Ulster’ 1935 Laku Terjual Rp 60,8 Miliar

    SHARE
    Aston Martin Ulster 1935
    Aston Martin Ulster 1935

    MESINBALAP.com – Sebuah mobil balap super langka, yang dianggap sebagai salah satu mobil terbaik Aston Martin di jaman kuno, laku terjual hampir £3 juta pada hari Jum’at lalu setelah untuk pertama kalinya dalam 50 tahun ada yang menjual mobil tersebut.

    Mungkin bagi kebanyakan orang, DB5 adalah model tertinggi Aston Martin, namun mobil balap ‘Ulster’ 1935 yang dijual ini merupakan salah satu model dengan nilai sejarah yang paling tinggi.

    Aston Martin Ulster Team Car, demikian nama lengkapnya disebut, atau yang dikenal dengan julukan LM19, diciptakan secara khusus untuk berkompetisi di ajang balap Le Mans 24 Hour.

    Di masa lalu, Ulster pernah melalui sebuah race yang sangat mengesankan, dimana mobil tersebut melaju dengan gigih dan bertarung memperebutkan posisi terdepan. Ketika itu mobil dikemudikan oleh Thomas Fotheringham, yang ‘meronta-ronta’ melibas sirkuit Perancis.

    Namun sayang seribu sayang, setelah 9 jam dan 45 lap berlalu dari race yang prestisius tersebut, Ulster pun akhirnya nyungsep. Crash yang dialaminya harus mengakhiri harapan untuk meraih kemenangan.

    Aston Martin Ulster 1935 - #002

    Mobil ini merupakan salah satu dari tiga model Aston Martin yang diproduksi untuk race 1935, dan banyak orang mempercayainya sebagai salah satu mobil paling hebat yang pernah ada di masa itu.

    Dahulu ketika tim balapnya tiba di Irlandia Utara untuk mengikuti kompetisi Ards TT 1935, muncul harapan akan adanya hasil yang cemerlang. Namun kesialan pun kembali melanda, masalah tekanan oli memaksa Ulster untuk masuk kedalam pit lebih awal.

    Aston Martin Ulster 1935 - #006

    Sejak tahun 1969, mobil yang luar biasa ini hanya dimiliki oleh satu keluarga yang sama. Dan sekarang mereka memutuskan untuk menjualnya melalui rumah pelelangan Bonhams di event Goodwood Festival of Speed.

    Pada awalnya, diperkirakan Ulster akan laku £2 juta, namun menjelang akhir pelelangan ada orang tak dikenal yang menawarnya dengan harga yang mengejutkan, yakni £2,9 atau sekitar Rp 60,8 Miliar. Jadi inilah harga akhir untuk mobil tersebut.

    James Knight selaku direktur otomotif di Bonhams mengatakan bahwa Ulster adalah tipe mobil yang memenuhi seluruh kriteria dambaan kolektor.

    Aston Martin Ulster 1935 - #001

    “Apa yang kami miliki di sini adalah sebuah mobil balap yang masih berfungsi, dari era pra-perang, dengan asal-muasal yang baik, diciptakan untuk bersaing di ajang ketahanan balap tingkat tertinggi.”

    “Kami telah berhasil menjual dua Ulster di banyak tahun, tapi tak satu pun dari mobil tersebut berasal dari jajaran populer LM Team Car.” Ulster yang dijual kali ini pernah memiliki “kredensial yang sempurna” di masa jayanya.

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR