Jaguar Land Rover Evaluasi Ulang Sistem Keyless Entry

    Jaguar Land Rover Evaluasi Ulang Sistem Keyless Entry

    SHARE

    jaguarMESINBALAP.com – Saat ini Jaguar Land Rover sedang mengevaluasi ulang teknologi keyless entry setelah terjadinya serentetan peristiwa pencurian oleh maling-maling kelas kakap.

    Pabrikan mobil mewah asal Inggris tersebut telah mengajukan sebuah hak paten di Amerika untuk perangkat keamanan barunya yang berfungsi mengunci dan membuka kunci pintu, tapi tidak untuk menyalakan mobil.

    Kini para maling yang licik telah menggunakan teknologi mirip keyless entry untuk mengecoh sensor serta menembus lapisan keamanan mobil, lalu mencolokkan sebuah gadget dan memprogram trik keyless blank yang memungkinkan mereka untuk menghidupkan mesin mobil.

    Bagaimanapun juga, teknologi yang dipakai oleh para kriminal ini diperkirakan masih mengandalkan kunci tua yang cocok dengan lubang pada pintu-pintu mobil keluaran terbaru, meskipun tak menutup kemungkinan mereka juga memakai sejenis remote atau chip elektronik ponsel.

    Paten yang diajukan kali ini tak memberikan indikasi kapan sistem keamanan yang baru akan diproduksi. Tahun lalu, permasalahan menyangkut keyless entry ini telah di ilustrasikan dalam sebuah uji coba terhadap Range Rover Evoque, dimana mobil tersebut bisa diprogram ulang hanya dalam waktu 10 detik.

    Setidaknya tahun lalu lebih dari 1000 unit mobil mewah di London, termasuk Audi dan BMW, telah dicuri dengan memanfaatkan kelemahan teknologi ini.

    Di masa sekarang, sepaham dengan produsen mobil mewah lainnya, Jaguar Land Rover telah meninggalkan penggunaan kunci kontak logam pada mobil, karena dikhawatirkan benda tersebut akan menancap di lutut atau kaki pengemudi ketika terjadi tabrakan habat.

    KOMENTAR