Goodwood Festival of Speed Menelan Satu Korban

    Goodwood Festival of Speed Menelan Satu Korban

    SHARE
    Mobil balap Mazda 767B crash di Goodwood 2015 (Jalopnik)
    Mobil balap Mazda 767B crash di Goodwood 2015 (Jalopnik)

    MESINBALAP.com – Dunia mobil telah kehilangan sesosok ‘teman baik’ setelah sebuah kecelakaan hebat menghancurkan Mazda 767B Le Mans 1989 dalam event balap tahunan Goodwood Festival of Speed di Inggris.

    Sebagaimana dilansir Jalopnik, insiden tersebut berlangsung ketika mobil sedang melaju terburu-buru di Goodwood, sebab ada batasan waktu yang harus ditepati untuk sampai ke finish. Saking terburu-burunya, sepertinya sampai lupa arah, sehingga saat akan memasuki sebuah tikungan, mobil justru berbelok kearah tumpukan jerami di samping jalan.

    Kecelakaan cukup parah hingga membuat bagian depan-kanan mobil ringsek, kaca depan terbelah, serta sayap belakang sobek. Namun satu hal yang patut disyukuri adalah sang pengemudi – Seniji Hoshino – berhasil keluar dari insiden ini dalam keadaan selamat, dan hanya menderita luka ringan saja.

    Mazda 767B merupakan sebuah mobil trek legendaris yang memiliki silsilah balap yang panjang dan terkenal. Meskipun pace-nya secara keseluruhan masih kalah dibanding para pesaingnya, namun ketahanan Mazda telah memainkan peranan yang besar dalam meraih kemenangan di ajang balap 24 Hours of Le Mans di kelas GTP pada tahun 1989 silam.

    Mazda 767B juga merupakan salah satu jenis mobil balap terakhir yang masih menggunakan mesin rotary, dan itu merupakan satu-satunya model di Jepang serta satu-satunya kendaraan ber-engine rotary yang bisa memenangkan perlombaan di Le Mans.

    Berbicara soal daya dan torsinya, mobil ini cukup hebat dengan output 900 HP/607 Nm dengan mengandalkan mesin quad-rotor. Namun demi memperkuat ketangguhannya dalam lomba adu ketahanan, maka powernya pun sedikit digembosi menjadi 700 HP.

    Bagaimanapun juga, Mazda 767b adalah jenis mobil yang langka, dan dunia mobil patut merasa kehilangan.

    KOMENTAR