Parah! Honda RC213V-S Versi Jepang Bakal Jinak Banget, Powernya Cuma 70 HP!

    Parah! Honda RC213V-S Versi Jepang Bakal Jinak Banget, Powernya Cuma 70 HP!

    SHARE
    Foto Mesin Honda RC213V-S Versi Jalan Raya
    Foto Mesin Honda RC213V-S Versi Jalan Raya

    MESINBALAP.com – Sejujurnya pemangkasan tenaga ini sidikit keterlaluan, khususnya untuk sepeda motor kelas tinggi berbasis RC213V yang pernah memenangkan dua title juara MotoGP, memecahkan rekor, dan menyalakan gairah di hati para pecinta Honda. Jelas motor sehebat ini tak layak untuk ditawarkan dengan power 70 HP.

    Mungkin di pasar-pasar tertentu memang aturannya cukup ketat, misalnya seperti di Perancis yang menetapkan batasan tenaga 100 HP. Namun untuk sebuah motor yang diiklankan memiliki level mendekati MotoGP, tentunya harus bisa menawarkan performa yang jauh diatas rata-rata, dan tidak mungkin untuk menjadikannya sebuah tunggangan yang biasa-biasa saja.

    Dan lagi, rasanya terlalu berlebihan untuk sebuah motor sport bertenaga 70 HP jika harus memiliki banderol yang ekstrim, belum terhitung racing kit-nya yang dijual terpisah dengan harga yang sangat mahal, padahal ini merupakan komponen vital yang diperlukan untuk membangkitkan kekuatan sejati motor.

    Sekedar membandingkan saja, di Eropa, konsumen bisa mendapatkan RC213V-S versi 159 HP dengan harga €188.000 (Rp 2,7 miliar). Sementara di Amerika Serikat versi yang tersedia adalah 101 HP dengan banderol $184.000 (2,4 miliar). Dan di Australia ada versi 159 HP yang dipatok AUD 224.000 (Rp 2,98 miliar). Perbedaan tenaganya signifikan bukan?

    Sementara itu jika ingin mendapatkan power ekstra yang bisa dipakai melesat dalam mode balap, maka konsumen perlu mengaplikasikan race kit khusus dari Honda, yang mampu meningkatkan output mesin menjadi 215 HP.

    Paket ini di Eropa dibanderol €12.000 atau sekitar Rp 177 juta. Sayangnya race kit tak tersedia di AS, sampai saat ini alasannya tak diketahui. Namun tampaknya paket ini akan tersedia di Jepang, hanya saja harganya masih belum diumumkan.

    Bagi konsumen Jepang, jika ingin memiliki Honda RC213V-S harus merogoh kocek hampir ¥22 juta atau sekitar Rp 2,3 miliar, termasuk pajak. Ini adalah harga yang fantastis, khususnya untuk sebuah motor sport yang hanya bertenaga 70 HP. Semoga saja pembeli tidak kecewa dengan pemangkasan performa ini.

    Via Autoevolution.com

    KOMENTAR