Modifikasi Jupiter Z MotoPrix: Ilmu Korekan Motor Asal Kota Purbalingga

    Modifikasi Jupiter Z MotoPrix: Ilmu Korekan Motor Asal Kota Purbalingga

    SHARE
    Jupiter Z - Team YMH TDR NHK Optimax
    Jupiter Z – Team YMH TDR NHK Optimax

    MESINBALAP.com – Nama team YMH TDR NHK Optimax sudah mulai mencuri perhatian pecinta balap tanah air. Mengandalkan trio pembalap andalannya yakni Irfan Riyadhoh #100 (Kebumen), Agung Septian #124 (Purbalingga) dan Doohan Akbarruzaman #9 (Tangerang).

    Kok bisa bilang begitu bro? Yoi sekarang kan sudah mulai main motor jenis sport. Salah satu contoh di gelaran Yamaha Sunday Race di sirkuit Sentul kemarin Doohan Akbaruzaman juga turun.

    Memang sich hasilnya belum segemerlap team yang sudah lama turun. Tapi setidaknya sudah menunjukan kalau team asal kota Purbalingga ini sudah dilirik pabrikan. Warid selaku mekanik sekaligus owner team simple saja menjawab: “Masih belajar dan akan terus belajar.”

    Nah kali ini kita akan belajar ilmu korekan motor dari bapak yang murah senyum ini. Nggak ada salahnya kan bro, toh ilmu bisa didapat dari siapa saja dimana dan kapan pun. Yang akan kita kupas tuntas bukan jenis motorsport mereka tapi dari jenis motor bebek.

    Kalau melihat kebelakang sejarah panjang team yang dulu bernama Warid Motor ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Tanpa banyak bicara langsung gas…

    Agung Septian #124
    Agung Septian #124

    Hal utama yang harus dipahami seorang mekanik yaitu karakter dan gaya balap seorang joki. Kenapa demikian? Karena besar sekali pengaruhnya ke setingan motor. Dalam hal ini joki boleh dibilang sedikit dimanjakan.

    Apapun maunya joki akan dituruti, tentunya yang masih berhubungan dengan laju motor. Ntar jokinya minta gadis payungnya yang montok-montok wah itu diluar konteks pembicaraan. haha

    Modifikasi Jupiter Z YMH TDR NHK Optimax

    Guna mendongkrak power yang ada pada motor Jupiter Z, mereka menggunakan piston TKRJ yang berdiameter 52 mm. Untuk kompresi disetel 12,8:1, kompresi rendah yang disesuaikan dengan penggunaan bahan bakar Pertamax Plus dengan panjang blok 64,8 mm.

    Domenya dibikin agak rendah, ruang bakar juga ditata ulang lewat kubah kepala silinder. Dengan tujuan tenaga pada motor tidak liar ketika masuk dan keluar tikungan. Senada dengan kliker lainnya soal porting balancer pada motor sudah pastilah dimaping ulang.

    Karbu Mikuni Sudco
    Karbu Mikuni Sudco

    Semuanya ini dilakukan demi menuruti keinganan joki. Wah enak ya jadi joki motornya nggak kenceng nyalahin mekaniknya, pusing juga jadi mekanik. Tapi hati-hati bro jangan keseringan nyalahin mekanik entar ente bisa ditendang sama mereka.

    Dengan durasi 276 derajat untuk in membuka 34 derajat dan out 61 derajat. Karburator sendiri menggunakan Mikuni Sudco dengan pilot jet 165 dan main jet 35. Dengan pengapian Rektor Pro Drag Supaya arus bisa searah.

    Klep mengunakan milik Sonic yang sudah dikustom menjadi 26 mm dengan tinggi angkatan 9,2 mm. Jadilah sebuah motor andalan team Optimax di event Kejurnas MotoPrix Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. (Editor: Bayu)

    DATA MODIFIKASI
    Nama Team : Yamaha TDR NHK Optimax
    Owner : Warid san
    Karburator : Mikuni Sudco
    Pilot Jet/Main Jet : 165/35
    Magnet : Standard
    Ratio : 1 (13/34), 2 (18/32), 3 (18/25), 4 (21/25)

    KOMENTAR