New Honda CB900R Retro Siap Mengaspal di Jalanan

    New Honda CB900R Retro Siap Mengaspal di Jalanan

    SHARE
    Sosok Honda CB900R Retro muncul di cover majalah Young Machine edisi Agustus 2015
    Sosok Honda CB900R Retro muncul di cover majalah Young Machine edisi Agustus 2015

    MESINBALAP.com – Rumor segar ini datang dari majalah Young Machine yang biasanya tepat dalam mengcover kabar-kabar burung dari pasar Jepang. Dan kini majalah tersebut telah mencantumkan nama CB900R di halaman depan edisi Agustus, berarti ada sebuah proyek rahasia Honda yang mereka ketahui.

    Rumor tentang kehadiran CB900R ini kedengarannya cukup meyakinkan, mengingat bahwa sepupunya – CB1100R, sudah pernah muncul dalam bentuk konsep. Terlebih lagi, CB1100F dan CB100EX sudah meluncur sebagai model produksi dan mendapat sambutan yang hangat dari konsumen.

    Seandainya kabar yang diklaim oleh Young Machine ini benar adanya, maka akan tetap sulit membayangkan jika Honda berpikir untuk menciptakan mesin baru. Mungkin benar apa yang dikatakan Visordown, yang memprediksi tentang tweak terhadap mesin yang sudah ada pada platform CB1100, dengan biaya produksi yang cukup rendah.

    Itu berarti stroke akan dikurangi, dan kemungkinan kuat redline akan ditingkatkan untuk memproduksi tenaga ekstra serta mempertahankan sensasi CB900R. Bisa jadi sasis juga akan menggunakan versi yang sama, sementara desain bodynya masih belum terungkap secara gamblang.

    Berbicara mengenai realita saat ini, memproduksi sebuah motor dengan koneksi yang kuat ke dunia balap masa lalu merupakan sebuah cara terbaik untuk menambah lineup produk yang sudah ada pada kebanyakan pabrikan. Bahkan mungkin itu akan melahirkan sosok kompetitor yang kuat bagi model-model cafe-racer dan scrambler.

    Majalah Young Machine Edisi Agustus 2015
    Majalah Young Machine Edisi Agustus 2015

    Jadi poin terbesar dari hasil proyek ini akan terletak pada tampilan motor. Dengan terlalu memperkuat nuansa ’70-an’, bisa jadi itu akan membuat para konsumen muda kehilangan selera.

    Di sisi lain, jika terlalu banyak nilai-nilai modern yang disematkan, maka itu akan menghapus identitas CB900R secara keseluruhan. Kita lihat saja nanti bagaimana perkembangan kedepannya.

    KOMENTAR