Kolaborasi ITS-Garansindo Siap Hasilkan Motor Listrik yang ‘Indonesia Banget’

    Kolaborasi ITS-Garansindo Siap Hasilkan Motor Listrik yang ‘Indonesia Banget’

    SHARE
    Motorsport Listrik Mission-R 141 HP
    Motorsport Listrik Mission-R 141 HP

    MESINBALAP.com – Ternyata proyek sepeda motor listrik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sangat banyak mengandalkan komponen buatan anak bangsa. Supliernya tak lain adalah Murni Karya, tim riset dari ITS sendiri yang berfokus pada pengembangan kendaraan listrik ini.

    Muhammad Nur Yuniarto selaku ketua tim Motor Listrik ITS menjelaskan bahwa dalam penggarapan proyek, kerja tim di ITS telah mengkombinasikan beberapa bidang ilmu sekaligus, diantaranya termasuk otomotif dan teknik listrik.

    Hampir seluruh bagian yang digunakan untuk merancang motor berasal dari dalam negeri, hanya beberapa saja yang harus diimpor, seperti baterai dan magnet, “karena di Indonesia tidak ada.”

    Sampai saat ini motor listrik tersebut masih dalam tahap tes dan penggarapan, baru akan tampil pada bulan Agustus mendatang dalam wujud prototype yang akan diluncurkan oleh Garansindo Inter Global (GIG). Untuk sekarang speknya masih belum dijelaskan ke publik, namun satu poin yang diungkap adalah sistem penggerak motor ini lebih cepat dari motor biasa.

    Dengan keberadaan sejumlah komponen elektrik yang dikemasnya – seperti controller dan Battery Management System (BMS), tentu beban motor listrik akan lebih berat, dan sejalan dengan hal itu pula, ukuran bodinya akan dibuat jadi lebih besar, itu sudah konsekuensi.

    Bagaimanapun juga, proyek motor listrik ini telah memberikan harapan bagi Indonesia untuk mewujudkan impian memiliki produk motor sendiri.

    Untuk alasan itulah GIG menggandeng ITS yang dianggap mumpuni dalam mengembangkan komponen-komponen yang dibutuhkan. Reputasi ITS dinilai sangat bagus, sebab produk buatan mereka sudah mampu merambah pasar Jepang.

    Prototype yang dipersiapkan untuk motor listrik ini ada dua model, yakni skutik dan cafe racer. Diantara keduanya, model skutik merupakan kandidat terkuat yang digadang-gadang bakal memasuki tahap produksi.

    Rencananya motor skutik listrik ini akan dirilis secara resmi pada tahun 2017, guna menyaingi jajaran skutik konvensional dalam hal harga dan mungkin juga spesifikasi.

    Sumber: Kompas Otomotif (otomotif.kompas.com)

    KOMENTAR