Home Honda Honda Terbang ke Aragon untuk Menguji Mesin Prototype RC213V Terbaru (2014)

    Honda Terbang ke Aragon untuk Menguji Mesin Prototype RC213V Terbaru (2014)

    SHARE

    Dani Pedrosa - Tes Honda RC213V
    Dani Pedrosa – Tes Honda RC213V

    Catalunya, Mesinbalap.com – Belum berjalan sampai separuh musim, Honda telah memutuskan untuk menguji coba mesin prototype RC213V terbaru (versi 2014) di sirkuit Motorland Aragon mulai hari Selasa besok (18/06/2013). Repsol Honda dan GO&FUN Honda Gresini dipastikan tidak akan ambil bagian pada tes Barcelona hari ini.

    “Tim sekarang sedang berkemas di Catalunya dan akan berangkat ke Aragon untuk tes dua hari mulai hari Selasa, dimana mereka akan menguji mesin prototipe RC213V 2014,” kata Tim Repsol Honda dalam sebuah pernyataan resmi.

    Hanya Tim LCR Honda yang dipastikan akan ambil bagian pada tes resmi Catalunya hari ini sampai Selasa Besok, tentunya bersama Suzuki dan Yamaha. Bersama Tim LCR Honda, Stefan Bradl juga akan mulai melakukan pengujian di Motorland Aragon pada hari Rabu.

    Terlepas dari hal tersebut, Yamaha dan Suzuki memutuskan untuk menuju ke trek Aragon akhir pekan ini setelah menyelesaikan uji coba di Catalunya. Sayangnya, belum ada berita apakah Yamaha akan memberikan upgrade mesin kepada dua pembalap pabrikan mereka, termasuk mengenai penggunaan gearbox seamless shift.

    Tapi kemungkinan masih dalam tahap pengembangan (under development) di Jepang, mengingat mengembangkan gearbox seamless shift tidak hanya membutuhkan waktu sebentar tapi sangat lama. Honda saja butuh waktu kurang lebih sekitar 3 tahun untuk mengembangnya, setelah mendapat umpan balik dari test rider mereka “Tadayuki Okada” pada tahun 2008 yang lalu, tepatnya di Mugello ketika mereka menguji katup pneumatic baru.

    Selain masalah biaya yang besar, Yamaha diwajibkan mengembangkan seamless shift gearbox mulai dari awal, termasuk rancangannya dan cara kerjanya. Hal ini karena Honda dan Ducati telah memiliki hak paten atas rancangan SSG mereka. Sayangnya, Ducati masih belum kompetitif sejak menggunakan gearbox baru tersebut dengan Valentino Rossi.

    Dani Pedrosa hanya memiliki selisih 7 poin dari Jorge Lorenzo, sementara Marquez selisih 23 poin dari penghuni podium pertama MotoGP Catalunya. Masih ada harapan untuk semua pembalap karena MotoGP 2013 masih berjalan enam seri sampai Catalunya kemarin.

    KOMENTAR