Modifikasi Vespa PX 83: Yang Terlupakan dari Dunia Balap Tanah Air, Penggemar...

    Modifikasi Vespa PX 83: Yang Terlupakan dari Dunia Balap Tanah Air, Penggemar Vespa Juga Manusia

    SHARE
    Modifikasi Vespa PX 83 Salatiga
    Modifikasi Vespa PX 83 Salatiga

    MESINBALAP.com – Motor Vespa yang diproduksi pada tahun 1960 sampai sekarang masih digemari masyarakat Indonesia. Ada banyak cerita soal motor jenis Scooter, bisa menjadi perjalanan hidup yang indah dari si pemilik motor.

    Meskipun umur mesin sudah puluhan tahun bukan berarti pamornya hilang di telan bumi. Ya naik Vespa memang menyenangkan. Ada hal unik dan menarik saat rombongan Vespa lewat di depan mata. Terutama di depan mata anak-anak kecil. Sering diplotin sama mereka, mungkin dikira odong-odong kali. hehe

    Ada ban serepnya, motor lain mana punya? Dan yang ngga kalah penting sebagai pemikat kaum hawa. Di saat motor lagi bening dijamin deh tu cewek bertanya dalam hati yang paling dalam. Siapa tuh cowok cakep yang naik vespa.

    Di dunia balap adu kebut pun Scoter milik team RBS (Racing Bandit Salatiga) juga pernah mencatatkan sejarah. Di sirkuit Sentul kecil pada tahun 2011 ni motor melaju 9,3 detik di kelas FFA, menurut penuturan andi selaku pemilik motor.

    Rangka minjem dari Vespa Sprint
    Rangka minjem dari Vespa Sprint

    Meskipun kalah dari motor merk lain yang notabene tahun produksinya jauh lebih muda. Tapi doi tetap bangga sama motor kesayangannya yang berhasil masuk lima besar.

    Pengakuan lain datang dari Dika dari Dapur Pacu Racing Team asal kota Tegal. Katanya motornya dia pernah mencatat waktu lebih tajam dari motor asal Salatiga ini. Cuma motornya digunakan buat BALI (Balapan Liar), jadi tidak dicatat orang. Lagian ngitung waktunya pake Stopwatch. hahaha…

    Lalu apa rahasia motor Scooter Salatiga ini?

    Untuk pengabutan bahan bakar menggunakan karbu Ninja yang sudah diremer. Dengan alasan kualitas karbu sudah jaminan buat kebutan. Stang seher mengaplikasi dari motor RXZ, sedangkan sehernya sendiri menggunakan miliki RX King.

    Pengapian Tata 105
    Pengapian Tata 105

    Pengapian menggunakan Tata 105, duh merk dari mana nih? Kerangka minjem dari jenis Vespa lain yaitu Vespa Sprint, biar ramping dan singset katanya. Kalau menggunakan rangka standard motor terlalu gemuk, bisa jadi motornya kayak mau fashion show bukan mau balapan.

    Untuk perpindahan gigi menggunakan gigi motor Vespa Excel, sayang angka pastinya tidak disebutkan. Pengeluaran asap mereka bikin di bengkel mereka sendiri biar pas sama setingan motor.

    Bahan bakar menggunakan Bensol yang didapat dari iuran sesama penggemar vespa. Kemarin sempat mau diajak ngebut lagi, tapi sayang seribu sayang mesin motornya pecah sewaktu diuji cobakan.

    Knalpot merk handmade alias bikinan sendiri...
    Knalpot merk handmade alias bikinan sendiri…

    Nah untuk penggemar vespa di manapun silahkan berbangga hati dengan Vespa garapan anak Salatiga. Yoi.. kota yang dikenal selalu menghasilkan motor kencang khusunya untuk motor dua langkah.

    “Jayalah Vespaku, namamu akan selalu ada di dalam sanubariku”, ungkap brother Andi mengakhiri pesan singkatnya. Kayak lagu saja pesannya. hahaha… (editor: bayu)

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR