Suzuki Satria FU Abakura Dirta Jaya: Rahasia Korekan Motor Yang Masih Eksis...

    Suzuki Satria FU Abakura Dirta Jaya: Rahasia Korekan Motor Yang Masih Eksis dan Selalu Podium

    SHARE
    Suzuki Satria FU Abakura Dirta Jaya
    Suzuki Satria FU Abakura Dirta Jaya

    MESINBALAP.com – Muncul lagi nih bro salah satu motor yang sering menjadi juara di ajang adu kebut 201 meter. Tidak bisa dipungkiri untuk kelas Bebek 4-tak TU 200cc didominasi oleh satu merk pabrikan yaitu Suzuki.

    Empat jempol deh buat pengguna motor Suzuki terutama Satria FU yang nggak ada lawanya. Tapi eiitt… tunggu dulu, sebentar lagi akan muncul lawan yang seimbang.

    Wajar lah kan sudah sepuluh tahun melenggang sendirian. Nggak rame juga keles jalan tanpa teman!! Berdua kan jadi rame. Yang dimaksud rame disini adalah gemerlap dunia balap trek lurus.

    Membuka kembali memeori masa lalu perjalan Satria Madangkara milik team Abakura. Menurut penuturan Wawan selaku mekanik pada dasarnya tenaga motor memang sudah mumpuni. Mesinya fleksibel mau dibikin galak atau halus bukan lah sesuatu hal yang sulit.

    Langkah pada stroke dibikin 65 mm, kalo standardnya 48,8 mm. Untuk silinder mesin pun sudah mengalami perubahan yang tadinya 62 mm menjadi 65 mm.

    Jangan lupakan soal torsi pada motor tabung pada selongsong silinder akan memanjang. Ini berhubungan dengan tarikan awal di bahan bakar sendiri.

    Karbu PWK 38 Air Strike
    Karbu PWK 38 Air Strike

    Buat mengimbangi tenaga motor maka klepnya mengunakan milik Suzuki Thunder dan karbu PWK 38 Air Strike. Untuk rasio gigi juga sudah mengalami perubahan dari yang standard menjadi gigi 1 (15/31), gigi 2 (16/25), gigi 3 dan gigi 4 standard, gigi 5 (20/21), dan gigi 6 standard dengan final gear 16/36.

    Pengapian sendiri menggunakan Imex Super Pro, magnet masih percaya dengan YZF. Piston sendiri sama dengan yang digunakan kebanyakan mekanik lain yaitu LHK yang berdiameter 72 mm.

    Itu lah rahasia yang tersembunyi dari motor Abakura yang sampai sekarang masih eksis buat diajak balapan. Selalu naik podium, minimal lima besar untuk catatan waktunya sendiri tetap di 7,5 detik per sekian-sekian.

    Dragbike Satria FU kelas 4-tak TU 200cc

    Sekedar selingan bro, penulis Mesinbalap tidak ada maksud memihak ke produk tertentu. Ya itu tadi bro belum ada lawannya, yang ditulis motor jenis ini terus. Mau nulis motor punya tetangga sebelah mereka ngga main di jalur 201 m.

    Yang jelas kita tunggu saja kehadiran saudara kita yang baru. Apa pun jenis motornya jayalah dunia balap Indonesia. Satu lagi selamat buat motor bebek tanah air yang di event ARRC Japan lagu Indonesia Raya berkumandang. (Editor: Bayu)

    KOMENTAR