Power Yamaha YZF-R1 Bisa Digenjot Lagi Pakai Knalpot Termignoni

    Power Yamaha YZF-R1 Bisa Digenjot Lagi Pakai Knalpot Termignoni

    SHARE
    Yamaha YZF-R1 pakai knalpot Termignoni
    Yamaha YZF-R1 pakai knalpot Termignoni

    MESINBALAP.com – Power 200 HP mungkin sudah dirasa cukup bagi kebanyakan rider yang menginginkan performa bagus. Namun tentu para pemilik moge gak akan bilang “cukup” agar bisa mendapatkan tenaga tambahan dengan biaya yang terjangkau, seperti dengan memasang knalpot Termignoni yang baru.

    Diantara alasan mengapa knalpot Termignoni terbaru menjadi unggulan adalah karena silencer yang dipakainya sama seperti yang terdapat pada motor MotoGP atau pacuan dari berbagai ajang balap level teratas lainnya.

    Kini konsumen Yamaha YZF-R1 2015 bisa mendapatkan knalpot Termignoni versi serat karbon dan titanium. Untuk versi titanium juga tersedia dalam pilihan tanpa catalytic converter, yang sepertinya merupakan opsi pertama untuk trek balap.

    Keberadaan catalytic converter berfungsi untuk membantu mengurangi emisi mesin. Namun ini adalah sebuah bagian yang sebetulnya tak terlalu penting bagi kebanyakan rider. Beberapa pabrikan tertentu juga bisa memproduksi knalpot tanpa catalytic converter yang masih legal untuk dipakai di jalan umum.

    Tergimoni menggunakan material titanium alloy untuk menciptakan knlapot jenis ini, dan itu adalah elemen serupa yang dipakai untuk knalpot balap kelas atas. Memiliki bobot yang ringan serta ketahanan yang sangat kuat terhadap suhu panas hingga 600 derajat Celcius. Sementara bagian lengan knalpot bahkan mampu menahan oksidasi diatas 800 Celcius.

    Untuk versi tanpa catalytic converter, bobotnya sudah berkurang signifikan, sehingga memungkinkan mesin untuk melepas tenaga ekstra sebesar 4 HP. Artinya Yamaha YZF-R1 2015 akan mampu memproduksi total power 204 HP pada rotasi 13.500 rpm, dan dengan berkurangnya beban itu akan membuatnya menjadi superbike yang lebih gesit.

    Harga knalpot Termignoni versi serat karbon adalah $782 atau sekitar Rp 10,4 juta, sedangkan versi non catalytic converter dibanderol $583 atau sekitar Rp 7,74 juta.

    Sumber: autoevolution.com

    KOMENTAR