Konsep Replika Yamaha XV950 Kenny Roberts Anniversary Keren!

    Konsep Replika Yamaha XV950 Kenny Roberts Anniversary Keren!

    SHARE
    Konsep Replika Yamaha XV950 Kenny Roberts
    Konsep Replika Yamaha XV950 Kenny Roberts

    MESINBALAP.com – Jika seseorang datang ke sebuah bengkel sepeda motor lalu meminta agar tunggangannya diubah menjadi replika MotoGP retro, mungkin respon pertama yang didapatnya adalah berupa senyuman, atau bahkan gelak tawa.

    Tapi tetap saja, hal itu tidak lucu jika kita menengok proposal dari desainer otomotif Italia, Oberdan Bezzi, yang berniat menyulap Yamaha XV950 standar menjadi sebuah konsep replika Kenny Roberts.

    Bagi Obiboi (julukan Oberdan Bezzi), XV950 KR “Yard Built” adalah project yang wajib digarap, terlepas dari modifikasi radikal yang harus dilalui oleh sepeda motor ini.

    Yamaha XV950 standar harus menggunakan sub-frame belakang yang sepenuhnya berbeda guna sedikit menambah tingginya. Jok yang telah terangkat juga perlu diimbangi dengan modifikasi stang, jadi bisa diganti dengan stang jepit agar mendapatkan tampilan racing.

    Karena ini mengadopsi desain motor MotoGP masa lalu, maka tangki bawaannya harus dicopot dan diganti dengan tangki jadul. Tak perlu membuat tangki baru mulai nol atau melakukan modifikasi. Karena bentuk yang diinginkan cukup mudah didapatkan, modelnya sudah ada pada motor retro racer Yamaha, tinggal comot saja.

    Membentuk panel body dan bagian ekor XV950 KR bisa jadi tugas yang merepotkan. Namun menciptakan wujud belakang motor yang berbentuk persegi bukanlah tantangan besar, bahkan area ini bisa dibuat ‘asal-asalan’ pakai selembar aluminium.

    Cowl depan dan fairing samping mungkin memerlukan banyak trial dan error, tapi keduanya bisa memakai bahan fiberglass untuk mengurangi bobot motor. Merancang cetakan dan casting fiberglass, serta lapisan-lapisan resin epoxy didalamnya mungkin merupakan langkah yang lebih baik ketimbang harus memalu lembaran logam yang besar.

    Bahan tersebut juga lebih ringan, dan ketika dicat tampilannya akan terlihat sempurna. Untuk menciptakan fairing dan cowl mungkin memerlukan beberapa input spesialis dari Yamaha, tapi mesinnya juga bisa diproduksi kalau mau. Dan diyakini jika kitnya tersedia, maka akan laku keras.

    Sumber: autoevolution.com

    KOMENTAR