MotoGP Jerman 2015: Gagal Podium Lorenzo Keluhkan Grip Ban Belakang

    MotoGP Jerman 2015: Gagal Podium Lorenzo Keluhkan Grip Ban Belakang

    SHARE

    Lorenzo RaceMESINBALAP.com – Mengawali balapan dengan cukup bagus ternyata tak berbuah manis bagi Jorge Lorenzo di ronde ke-9 MotoGP Sachsenring Jerman. Pembalap Movistar Yamaha ini gagal membendung laju Marc Marquez pada lomba kemarin.

    Start dari posisi ketiga, Lorenzo langsung berjibaku melawan duet Repsol Honda selama 6 lap awal lomba. Namun dirinya mengaku mengalami masalah kurangnya grip pada ban belakang motornya.

    “Di trek yang sulit untuk grip (ban) belakang aku masih bisa mencetak beberapa kali lap time yang bagus dan berada di posisi pertama”, ujar Lorenzo.

    Lorenzo sebenarnya masih bisa mengimbangi laju duo Honda di awal-awal lap, namun seiring berjalannya balapan performa doi semakin mengendur. Alasan lainnya adalah karena rem belakang yang dirasa kurang mumpuni di trek Sachsenring.

    “Ketika aku mulai kehilangan grip (ban) belakang aku mengalami banyak masalah dan rem belakang tidak cukup mendukung untuk menghentikan motor. Aku harus memulai pengereman lebih awal dari sebelumnya”, jelas JL.

    Masalah tersebut membuat Lorenzo kesulitan menjaga laju Yamaha M1 yang dibesutnya, alhasil performanya mengendur sepanjang balapan.

    “Itu sebabnya sangat sulit untuk menjaga kecepatan. Aku menyesal tidak mencoba (setelan gigi) motor lebih pendek di sesi warm-up, yang mungkin akan memberiku lebih banyak traksi dan grip di bagian belakang”, sesal Lorenzo yang kini terpaut 13 poin dari Valentino Rossi.

    “Sekarang sudah terlambat tapi seperti yang aku katakan, kami hanya kalah tiga poin dan itu gak begitu buruk untuk kejuaraan ini.”

    KOMENTAR