Ini Penyebab Honda Ingin Membangkitkan si Legendaris Sonic

    Ini Penyebab Honda Ingin Membangkitkan si Legendaris Sonic

    SHARE
    Honda Sonic 150R vs Suzuki Satria FU
    Honda Sonic 150R vs Suzuki Satria FU

    MESINBALAP.com – Bangkitnya si Ayago legendaris Honda Sonic bukan tanpa sebab. Melainkan AHM memang sudah mempertimbangkan sebelumnya dan tidak hanya melihat dari segi volume penjualan atau besar kecilnya market share di segmen motor ayam jago.

    Tapi kok kesannya AHM telat banget ya? Padahal kompetitor mereka sudah main di segmen ini selama 10 tahun dengan Satria F150 DOHC 6-speed, tanpa teman dan tanpa lawan melenggang sendirian di jalan.

    Sonic memang punya nama besar di masa lalu dibanding Satria FU, walaupun saat itu menggendong mesin 125cc SOHC 2-klep bertenaga 13,4 HP @ 10,500 rpm dengan girboks 5-speed. Sayangnya saat itu AHM gak menjual ayago ini di tanah air, melainkan dijual oleh importir umum dengan banderol harga yang fantastis.

    “Tentunya Honda dalam membuat satu produk sudah mempertimbangkan kira-kira tren pasarnya seperti apa. Soal diterima atau tidak, lihat nanti. Kita bukan hanya melihat besar-kecil pasar, tapi penting atau enggak”, kata Margono Tanuwijaya selaku Direktur Marketing AHM, dikutip dari Okezone.

    Mengalahkan Suzuki Satria FU sama halnya seperti Yamaha R25 yang mencoba menggeroti pasar Kawasaki Ninja 250R. Hasilnya? R25 masih bukan tandingan Ninja 250 dalam hal penjualan hingga saat ini. Satria FU sudah mendarah daging di kalangan anak muda, untuk mengalahkannya bakal sulit tentunya, tak semudah membalikan telapak tangan.

    Ibarat Yamaha R25 vs Kawasaki Ninja 250R
    Ibarat Yamaha R25 vs Kawasaki Ninja 250R

    AHM mengatakan kalau konsumen butuh ya pasti disediakan, dalam artian butuh motor ayago. “Penting bisa dari sisi volume, bisa dari tipe, bisa saja untuk melengkapi (produk). Kami bicara mengenai One Heart, kalau customer butuh kami sediakan. Karena mereka butuh, ya kami harus hadir”, tambah pak Margono.

    Masalahnya kan sudah terlambat banget. Dulu jamannya Honda CS1 sepertinya AHM kurang begitu serius dan kesannya setengah-setengah. Hasilnya babak belur tuhh CS1 dan tak salah jika dianggap sebagai produk gagal.

    Terlepas dari hal tersebut, Honda Sonic 150R rencananya bakal dirilis bulan depan bareng All-New CB150R, setelah Lebaran tentunya. Akankah ayago racikan AHM ini mampu menyaingi Satria FU? Ikuti terus perkembangan beritanya DISINI.

    Sumber: okezone.com

    KOMENTAR