Yamaha Ogah Piara Ayam Jago, MX King Sudah Cukup Nendang Katanya!

    Yamaha Ogah Piara Ayam Jago, MX King Sudah Cukup Nendang Katanya!

    SHARE
    Yamaha Jupiter MX King 150 Livery Monster Tech3
    Yamaha Jupiter MX King 150 Livery Monster Tech3

    MESINBALAP.com – Tak dapat dipungkiri bahwa kompetisi sepeda motor ayam jago kini semakin memanas. Namun mainstream tak selalu bisa mempengaruhi langkah sebuah perusahaan.

    Seperti Yamaha, yang tak ikut-ikutan melahirkan model ayam jago untuk meramaikan pertarungan, tapi malah merasa cukup dengan Jupiter MX King 150 yang secara umum sudah kompetitif di segmen bebek super.

    Sudah dimaklumi banyak orang bahwa saat ini Suzuki Satria F150 adalah bintangnya sepeda motor ayam jago, meskipun mungkin peta di pasar akan sedikit berubah dengan meluncurnya Honda Sonic 150R tak lama lagi. Sedangkan Yamaha yang dahulu punya pengalaman berkecimpung di segmen tersebut, kini sudah tak tertarik untuk bermain disana lagi.

    Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur menjelaskan bahwa Yamaha sudah pernah merilis dua model ayago di masa lalu, yakni Champ di awal 90-an dan Tiara 125 di awal 2000-an.

    Dari keduanya tak ada yang bisa memuaskan target penjualan Yamaha. Pasar motor ayago dinilai terbatas, “penjualannya segitu-segitu saja”, jadi tak bisa berkembang.

    Karena alasan inilah Yamaha tetap pasang gaco Jupiter MX King 150 untuk bertarung di segmen bebek super. Sepeda motor yang baru launching 3 bulan ini terbukti lebih punya nilai jual ketimbang ayam jago.

    Faktanya, data terkini dari AISI menunjukkan angka penjualan 50.786 unit, yang jika dibagi perbulannya bisa mencapai 16-17 ribu unit. Sedangkan superstar ayam jago sendiri, si Satria F150, penjualan perbulannya baru berkisar 7-9 ribu unit.

    Sumber: otomotifnet.com

    KOMENTAR