MotoGP 2015: Honda Curi Start, Tes Prototipe RC213V Spek 2016 di Misano

    MotoGP 2015: Honda Curi Start, Tes Prototipe RC213V Spek 2016 di Misano

    SHARE
    Hiroshi Aoyama Mengetes Honda RC213V 2016 di Misano
    Hiroshi Aoyama Mengetes Honda RC213V 2016 di Misano

    MESINBALAP.com – Banyaknya masalah teknis yang mendera tim Repsol Honda membuat HRC langsung tancap gas ke sirkuit Misano pekan ini. Ya, HRC mengetes prototipe RC213V spek 2016 disana pada hari Rabu kemarin dengan test rider Hiroshi Aoyama.

    Pasca race MotoGP Sachsenring kemarin Marc Marquez memang ngomong kalau doi dan timnya bakal pergi ke Misano untuk mengetes motor baru pekan ini. Namun, Aoyama yang dikasih kesempatan duluan untuk ngegas RCV anyar itu.

    “Sasis ini memang sepenuhnya baru, sedangkan mesinnya masih spek 2015. Ini merupakan basis untuk motor musim depan. Namun ini masih tes pertama, sehingga kami yakin pengembangan ini menuju ke arah yang benar”, ujar principal Repsol Honda Livio Suppo, dilansir dari GPone.com.

    Masalah teknis pada Honda RC213V memang cukup kompleks, Marquez merasa tak nyaman diatas tunggangannya itu dan doi berkali-kali ndlosor. Keputusan MM untuk kembali menggunakan sasis lawas memang dinilai cukup membantu doi, namun tetap saja masih ada masalah teknis yang belum teratasi.

    Sebetulnya Casey Stoner sudah ngomong terus terang kalau sasis 2015 adalah biang keladinya, itu sebelum Marquez memutuskan beralih menggunakan sasis lawas. Stoner tau masalah itu sejak tes-pra musim awal tahun ini, tapi entah kenapa feedbacknya gak didengar oleh insinyur HRC. Baru deh ketahuan setelah dipakai MM balapan.

    “Masih terlalu dini untuk bicara soal itu sekarang. Pembalap masih perlu mencobanya dan jika mereka menginginkannya kami harus melihat dulu apakah komponen itu akan tersedia”, sahut Suppo yang membeberkan bahwa sasis baru ini belum tentu digunakan pada paruh kedua musim ini.

    Awalnya Honda berencana mengetes sasis 2015 ini di sirkuit Brno pada bulan depan, namun akhirnya jadwal pengujian tersebut dimajukan minggu ini. Selain Honda, pabrikan Suzuki dan Ducati juga ikut melakukan uji coba disana, tapi tanpa Yamaha.

    Dari dulu HRC memang selalu mencuri start dalam hal pengujian prototipe baru, dibandingkan dengan pabrikan lainnya. Kita lihat saja bagaimana hasilnya nanti, masih bermasalah atau tidak?

    Sumber: GPone.com

    KOMENTAR