Yamaha MT-03 – Saudara Kembar MT-25 di Segmen Nakedbike

    Yamaha MT-03 – Saudara Kembar MT-25 di Segmen Nakedbike

    SHARE

    Bocoran Gambar Paten Yamaha MT-320 - Foto 04MESINBALAP.com – Yamaha YZF-R25 hadir sebagai YZF-R3 di pasar Eropa, dengan mengemas jantung 300cc. Skema serupa berlaku untuk versi naked MT-25 yang berganti nama menjadi MT-03 ketika memasuki pasar Eropa, dengan kapasitas mesin yang lebih besar pula.

    Sebetulnya nama MT-03 sendiri sudah pernah disematkan pada salah satu produk Yamaha yang meluncur pada tahun 2006 silam, namun waktu itu sepeda motornya dibekali dengan mesin 660cc.

    Melihat wujud MT-03 kali ini rasanya seperti melihat MT-25, sebab stylingnya sangat mirip, perbedaan baru akan tampak di bagian roda, dimana pada rem cakramnya terdapat sensor pembaca kecepatan yang merupakan bagian dari perangkat ABS (antilock brake system).

    Penanaman fitur ABS sudah menjadi suatu keharusan bagi pabrikan yang ingin meluncurkan motor ber-cc diatas 125 di Eropa, khususnya mulai tahun depan dimana peraturan ini secara efektif diberlakukan.

    Mengenai karakteristik mesinnya, kalau benar serupa dengan R3, tentu piston akan memiliki diameter 68mm, dan stroke 44,1mm, dikali dua silinder. Daya yang mampu dihembuskan mencapai 44,1 HP pada putaran mesin 10.750 rpm.

    Yamaha belum mengkonfirmasi kapan sepeda motor ini akan meluncur di Eropa dan sejumlah pasar lainnya. Namun untuk produksi direncanakan tetap mengandalkan hasil rakitan dari pabrik Garpu Tala di Pulogadung, Jaktim.

    Bocoran Gambar Paten Yamaha MT-320 - Foto 02

    Dan sebaiknya kita jangan menanyakan kapan MT-03 akan hadir di Indonesia. Sebab peraturan pemerintah mungkin sudah ‘mencekik’ motor ini sebelum sempat diluncurkan. Sekarang jika mesin berkapasitas 250cc saja sudah ditekan dengan pajak barang mewah, bagaimana harga produknya bisa kompetitif?

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR