Pasar Bebek Melemah, Honda Ikut Melemah, Yamaha Malah Menguat

    Pasar Bebek Melemah, Honda Ikut Melemah, Yamaha Malah Menguat

    SHARE
    Yamaha Jupiter MX King
    Yamaha Jupiter MX King

    MESINBALAP.com – Dengan menguasai pasar sepeda motor bebek di Indonesia tak lantas membuat PT Astra Honda Motor (AHM) merasa adem ayem diatas tahtanya, justru AHM kini sedang terusik oleh Yamaha yang penjualannya semakin meningkat.

    Keberadaan sepeda motor bebek sendiri memang sedang tergusur di tanah air, sedikit demi sedikit posisinya mulai tergantikan oleh skutik yang lebih praktis, variatif, dan simple perawatannya; meskipun secara efisiensi bahan bakar, bebek jauh lebih unggul.

    Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyebutkan bahwa pada semester pertama 2015, sepeda motor bebek telah mencatatkan penjualan nasional 422.703 unit, atau 13,3 persen dari total sales semua model yang mencapai 3,17 juta unit.

    Sejauh ini, Honda masih berkuasa dengan pangsa pasar 44,9 persen setelah berhasil menjual 190.151 unit. Akan tetapi Yamaha terus membuntuti Honda dengan angka penjualannya yang mencapai 185.166 unit atau 43,8 persen. Praktis, selisih antara keduanya hanya 1,1 persen.

    Namun rupanya pasar bebek yang melemah justru bisa dimanfaatkan oleh Yamaha dengan meluncurkan amunisi andalannya dari jajaran Jupiter series. Sehingga predikat bintang sepeda motor bebek yang sebelumnya disandang oleh Honda revo kini telah berpindah ke Jupiter MX-King, yang berhasil laku 70.534 unit.

    Revo pun sekarang sudah melempem, penjualannya hanya bisa mencapai 47.176 unit pada semester pertama tahun ini, sehingga Honda beralih mengandalkan bebek Supra X 125 yang mampu berkontribusi sebanyak 68.816 unit.

    Ada faktor utama yang menyebabkan pergeseran di segmen underbone ini, yakni keberadaan model-model entry level seperti Revo yang tak lagi diimbangi dengan peningkatan daya beli konsumen menengah kebawah, sebab perekonomian di Indonesia saat ini memang sedang ‘beku’ tanpa perkembangan. Jadi tak heran jika penjualannya menurun.

    Sedangkan untuk bebek yang berada di segmen menengah keatas, posisinya terbilang cukup aman dan selamat dari krisis. Nyatanya, Jupiter MX-King yang meluncur di segmen premium sekarang bisa jadi bebek terlaris.

    Sumber: kompas.com

    KOMENTAR