Honda NSR 2-Stroke Screamer Engine Akan Dibangkitkan dengan Teknologi Baru!!

    Honda NSR 2-Stroke Screamer Engine Akan Dibangkitkan dengan Teknologi Baru!!

    SHARE
    Honda NSR500V
    Honda NSR500V

    MESINBALAP.com – Siapa yang tidak kenal dengan Honda NSR, motor 2-tak legendaris racikan Honda yang pernah populer di masa silam. Pabrikan Jepang tersebut kini malah berencana ingin membangkitkan era 2-tak setelah sekian lama disudahi, aneh tapi unik sih.

    Baru-baru ini Honda kedapatan tengah mendaftarkan paten ‘rancangan mesin 2-stroke terbaru’ hasil racikan para insinyur mereka. Gak tanggung-tanggung Honda menyematkan teknologi baru pada mesin ini, yang masuk dalam ‘secret project’ pabrikan.

    Dilansir dari Morebikes, mesin 2-tak baru Honda akan mengadopsi teknologi fuel injection dan didukung oleh sistem katup/valve (klep) pada saluran pembuangannya. Mesin ini diklaim lebih ramah lingkungan dan efisien, pembakarannya lebih sempurna, serta rendah emisi dibanding mesin 2-tak konvensional.

    Honda NSR500 1997 "Screamer Engine"
    Honda NSR500 1997 “Screamer Engine” (Foto: ResponseJP)

    Bahkan mereka akan menyodorkan new screamer engine, seperti yang pernah ditancapkan pada Honda NSR500 1997 tunggangan Mick Doohan dengan timing pengapian 180 derajat. Mesin screamer ini diklaim benar-benar baru, berbeda dengan racikan era 90an.

    Namun seperti kita ketahui, mesin screamer terkenal lebih liar dibanding mesin big bang, serta lebih sulit dikontrol dan suaranya melengking tinggi. Tapi tenaganya lebih mantab, padat berisi dan tak ada jeda power delivery kecuali kalau bahan bakarnya habis. hehe…

    Gambar Paten Rancangan Mesin 2-Stroke Baru Honda
    Gambar Paten Rancangan Mesin 2-Stroke Baru Honda

    Terlepas dari persoalan tersebut, Honda tampaknya ingin menyempurnakan kekurangan mesin 2-tak jadul dengan desain mesin 2-tak yang jauh lebih modern. Mesinnya ringan tapi powerful, dan diklaim bakal mematuhi peraturan emisi gas buang di setiap negara.

    Nampak pada gambar paten diatas, sistem injeksinya dipasang di belakang silinder. Kontruksi injektor didesain sedemikian rupa untuk menyemprotkan bahan bakar secara lebih akurat saat piston berada di titik paling atas. Dan sepertinya ini mirip seperti mesin diesel 2-tak yang menggunakan klep buang tunggal.

    Gambar Paten Rancangan Mesin 2-Stroke Baru Honda - Images 03

    Gejala bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna pada mesin 2-tak konvensional dan terbuang ke knalpot bisa berkurang. Kontruksi mesin 2-tak baru ini juga dipercaya mampu membuat komponen mesinnya menjadi lebih dingin.

    Hmmm… akankah motor 2-tak modern ini nantinya lolos uji emisi jika masuk Indonesia? Atau malah gak lolos uji emisi seperti nasib mobil listrik yang itu tuuuuh…??

    MORE PHOTO:

    Sumber: morebikes.co.uk

    KOMENTAR