Suzuka 8 Hours 2015: Stoner Cedera Patah Tulang Setelah Alami Kecelakaan Fatal

    Suzuka 8 Hours 2015: Stoner Cedera Patah Tulang Setelah Alami Kecelakaan Fatal

    SHARE
    Casey Stoner terjungkal dan gagal podium di Suzuka 8 Hours 2015
    Casey Stoner terjungkal dan gagal podium di Suzuka 8 Hours 2015

    MESINBALAP.com – Dua kali juara dunia MotoGP yang memutuskan pensiun tahun 2012 lalu harus mengalami nasib sial saat lomba Suzuka 8 Hours 2015 berlangsung hari ini. Bekas pembalap Repsol Honda tersebut terjungkal saat memimpin jalannya balapan.

    Stoner berkicau di Twitter selepas crash jika dirinya terjebak throttle ketika melibas tikungan hairpin (tusuk konde), mungkin maksud doi gasnya nyantol kali ya. Alhasil pembalap Australia ini terguling-guling dari atas Honda CBR1000RRW tunggangannya ketika ban depan motornya keluar jalur aspal alias merumput.

    Terlihat di rekaman video laju Stoner memang terlalu melebar ke sisi kanan tikungan sebelum akhirnya terjatuh dengan kondisi motor rusak parah. Otomatis harapan tim MUSHASHi RT Harc-Pro Honda untuk mempertahankan gelar ketiganya di Suzuka 8 Hours sirna sudah.

    Melaju kencang melibas tikungan hairpin...
    Melaju kencang melibas tikungan hairpin…

    Akibat insiden fatal ini Stoner dikabarkan menderita cedera bahu dan pergelangan kakinya juga patah. Bekas teman setim Pedrosa ini mengungkapkan jika kecelakaan tersebut disebabkan karena sejumlah masalah teknis dan laju motornya dinilai terlalu kencang saat melibas tikungan.

    Berikut ini kata Stoner selepas kecelakaan:

    “Aku benar-benar kecewa Suzuka 8 Hours telah berakhir seperti ini. Kami sudah melakukan banyak pekerjaan selama beberapa minggu terakhir agar terbiasa dengan motor dan lintasannya dan bekerja ke arah setingan yang membuat kami semua merasa cukup nyaman”, ujar Stoner dalam pernyataan resmi Honda.

    “Kami benar-benar merasa bahwa balapan dan semuanya sudah seperti yang kami rencanakan sejauh ini. Kami sangat santai dan nyaman dan memastikan kami bisa menghemat ban dan bahan bakar.”

    Stoner terpental dari Honda CBR1000RRW
    Stoner terpental dari Honda CBR1000RRW

    “Sayangnya, kami mengalami beberapa masalah teknis karena aku melibas tikungan yang mengarah ke hairpin. Di tikungan ini aku tidak punya cukup waktu untuk menarik tuas kopling dan meluncur ke tikungan saat lajuku terlalu kencang”, terang Casey.

    Motor rusak parah, Stoner dinyatakan patah tulang
    Motor rusak parah, Stoner dinyatakan patah tulang

    “Aku mencoba memperlambat laju motor tapi aku melaju ke arah tembok pembatas, sehingga aku memutuskan membaringkan (motor) dan menabrak tembok pembatas. Namun sayangnya itu jauh lebih keras dari kelihatannya dan kami keluar dengan kondisi patah tulang di pergelangan kaki dan patah skapula.”

    “Terima kasih banyak kepada semua orang di tim, terutama rekan setimku Michael van der Mark dan Takumi Takahashi. Mereka telah melakukan pekerjaan yang fantastis sepanjang Minggu ini dan terutama akhir pekan ini.”

    Masuk rumah sakit...
    Masuk rumah sakit…

    “Dan aku juga berterima kasih kepada tim atas bagaimana mereka bersusah payah. Profesionalisme mereka luar biasa dan aku benar-benar menikmati bekerja dengan mereka. Aku sangat menyesal bahwa kami tidak bisa meraih hasil bagus yang saya yakini bisa kami raih.”

    Rekaman video Stoner terguling di Suzuka 8 Hours 2015:

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR