Menangi Suzuka 8 Hours 2015 Setelah Menanti 19 Tahun, Ini Komentar Bos...

    Menangi Suzuka 8 Hours 2015 Setelah Menanti 19 Tahun, Ini Komentar Bos Yamaha

    SHARE
    Bradley Smith, Suzuka 8 Hours 2015
    Bradley Smith, Suzuka 8 Hours 2015

    MESINBALAP.com – Tim Yamaha Factory Racing sukses menghentikan dominasi Honda di event balap ketahanan Suzuka 8 Hours. Honda yang kerap mendominasi balap ketahanan 8 jam ini harus puas duduk di podium kedua bersama tim FCC TSR Honda.

    Sementara tim MUSHASHi RT Harc-Pro Honda harus gigit jari lantaran gagal mempertahankan gelar triple crown selepas Casey Stoner mengalami kecelakaan fatal.

    Pastinya pencapaian ini sangat membanggakan bagi Yamaha, terlebih setelah hampir 19 tahun berpuasa gelar juara di event Suzuka 8 Hours. Tambah mantab karena dominasi Honda terputus di event kali ini.

    “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat disini dan semua fans yang menyoraki kami. Saya harus mengatakan bahwa saya benar-benar terkesan dengan level tinggi dari pembalap MotoGP, dan juga sekali lagi saya sangat kagum sekali dengan skill Nakasuga”, ujar manajer tim Yamaha Factory Racing, Wataru Yoshikawa.

    “Pol dan Bradley pernah turun di Suzuka sebelumnya, dan mereka sudah pernah menggeber motor spek Endurance. Namun, dalam waktu singkat, mereka mencetak lap time yang sangat cepat di sini, silih berganti.”

    Terakhir kali Yamaha menang adalah tahun 1996 yang lalu, mengandalkan dua pembalap yakni Collin Edwards dan Noriyugi Haga dengan motor Yamaha YZF750. Kali ini mengandalkan superbike YZF-R1M yang terbukti tahan digeber selama 8 jam.

    Katsuyuki Nakasuga, Suzuka 8 Hours 2015
    Katsuyuki Nakasuga, Suzuka 8 Hours 2015

    Dalam sejarah Suzuka 8 Hours Honda memang sangat mendominasi event ini, sedangkan pabrikan lain jarang sekali menang. Rata-rata hanya menang sekali, habis itu disikat Honda lagi. Maklum kan Suzuka kandangnya Honda, barangkali malu kali ya kalau kalah terus sama kompetitornya. hehe

    “Ini merupakan kemenangan yang seluruh anggota tim menang bersama-sama, dan sekali lagi saya ingin menyampaikan penghargaan saya kepada semua orang yang menyoraki kami”, tutup Wataru.

    Tabel Juara Suzuka 8 Hours Sejak 1978-2015:

    Tabel Juara Suzuka 8 Hours Sejak 1978-2015
    Tabel Juara Suzuka 8 Hours Sejak 1978-2015

    KOMENTAR