Suzuka 8 Hours 2015: Smith Mengaku Sempat Tertekan Sebelum Balapan

    Suzuka 8 Hours 2015: Smith Mengaku Sempat Tertekan Sebelum Balapan

    SHARE
    Bradley Smith (Yamaha Factory Racing), Suzuka 8 Hours 2015
    Bradley Smith (Yamaha Factory Racing), Suzuka 8 Hours 2015

    MESINBALAP.com – Penantian panjang Yamaha atas balap ketahanan Suzuka 8 Hours akhirnya berbuah manis pada hari Minggu kemarin. Tiga joki papan atas yakni Smith, Espargaro dan Nakasuga dipercaya untuk membesut Yamaha YZF-R1M spek endurance race.

    Namun, sebelum balapan Bradley Smith mengaku sempat tertekan. Ada apa gerangan?

    Ternyata tim Yamaha Factory Racing menjanjikan podium satu kepada semua orang yang bekerja di pabrik Yamaha, kepada Takaaki Kimura (Executive Vice President at Yamaha Motor Co. Ltd.) dan juga kepada mereka yang berada di markas besar Yamaha di Iwata, Jepang.

    “Sejak Selasa malam aku kembali ke kamar hotel dan merasa mendapatkan tekanan. Kami berdiri di depan semua staf Yamaha dan Mister Kimura dan semua orang yang bekerja di dalam pabrik”, kata Smith dalam rilis Yamaha Factory Racing.

    Smith sejak awal menyadari jika akan ada potensi gagal saat balapan nanti, dengan kata lain bisa gak juara. Terlebih dominasi Honda yang sulit dihentikan dalam sejarah Suzuka 8 Hours.

    “Kami berdiri di atas panggung di Iwata dan berjanji bahwa kami akan datang kembali dan memberikan yang terbaik dan kami menjanjikan mereka podium pertama dan kami pasti berpotensi gagal, tapi kami punya motor dan rekan setim yang bagus”, lanjut doi.

    Yamaha Factory Racing Juara Suzuka 8 Hours 2015
    Yamaha Factory Racing Juara Suzuka 8 Hours 2015

    Namun, dominasi Honda khususnya tim MUSHASHi RT Harc-Pro terhenti secara dramatis selepas Casey Stoner mengalami kecelakaan hebat kemarin. Mirip seperti yang dialami Valentino Rossi sewaktu terjun di Suzuka 8 Hours pada tahun 2001 silam bersama Colin Edwards, bedanya Honda tetap menang saat itu, mengandalkan VTR1000SPW.

    “Kami hanya melakukan satu kesalahan kecil saat balapan yang pada akhirnya tidak masalah sama sekali. Dengan kecepatan dan laju yang mampu dilakukan rekan timku, kami mampu mengatasi hal tersebut”, tambah Smith.

    “Ini sangat istimewa, ulang tahun ke-60 untuk Yamaha, mereka memimpin kejuaraan MotoGP, tapi juga fokus di Suzuka 8 Hours dan aku senang bahwa kami mampu menunjukkan potensi sesungguhnya dari motor ini dan memberi mereka kemenangan setelah penantian 19 tahun, mereka sangat layak (mendapatkannya).”

    KOMENTAR