Great New Daihatsu Xenia Mengemas Beragam Fitur Segar

    Great New Daihatsu Xenia Mengemas Beragam Fitur Segar

    SHARE
    Great New Daihatsu Xenia
    Great New Daihatsu Xenia

    MESINBALAP.com – Berbeda dengan Toyota Avanza terbaru yang pakai embel-embel “Grand New” di depan namanya, Daihatsu Xenia memiliki nama depan “Great New”.

    Nama tersebut bocor ke publik setelah kemunculan video resmi yang mendeskripsikan produk Xenia di YouTube. Dalam video juga dijelaskan bahwa mobil ini akan lebih irit dan tangguh, desainnya juga lebih bergaya.

    Jum’at lalu, new Avanza dan Xenia sempat tertangkap kamera saat nangkring diatas truk-truk tanpa selubung, jumlahnya ada puluhan, diangkut dari pabrik perakitan Astra Daihatsu Motor (ADM) menuju ke gudang penyimpanan ADM dan Toyota Astra Motor (TAM) di Sunter, Jakarta Utara.

    Tampaknya distribusi dari kedua model tersebut telah mulai dilakukan sebelum tanggal launching-nya yang bersamaan pada 12 Agustus mendatang.

    Berbicara secara spesifik mengenai Great New Xenia, low MPV ini mempunyai sejumlah fitur yang mirip dengan Avanza; seperti sistem keamanan Immobilizer, Window Jam Protection, dan Side Impact Beam; yang memberikan nilai tambah untuk produk unggulan Daihatsu ini.

    Mesin baru 1NR 1.3L EFI DOHC Dual VVT-i
    Mesin baru 1NR 1.3L EFI DOHC Dual VVT-i

    Mesin menggunakan teknologi baru berbahan alumunium. Perubahan juga mencakup struktur body dan suspensi.

    Dalam video Xenia dijelaskan bahwa mesin memakai tipe terbaru, yakni 1NR 1.3L EFI DOHC dengan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with Inteligence) yang berfungsi mengatur suplai bahan bakar dan udara pada intake, sedangkan pengeluaran emisi pada exhaust dikontrol oleh ECU.

    Sementara itu, perkembangan pada Electronic Throttle System memungkinkan pengaturan kerja pedal gas dilakukan dari sensor melalui ECU, sehingga suplai bahan bakar bisa disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

    Diklaim lebih nyaman dibanding pendahulunya
    Diklaim lebih nyaman dibanding pendahulunya

    Merinci mengenai suspensi, perubahan struktur telah membuatnya lebih mumpuni dalam menghasilkan kestabilan dan kenyamanan saat mobil dikendarai. Konfigurasi pada shock absorber dan lateral control rod telah diubah, demikian pula untuk konstanta pegas. Disamping itu, sekarang diameter stabilizer sudah jadi lebih panjang.

    Desain kap mesin pun turut diperbarui, dan lampu utama kini dilengkapi multi reflektor. Bemper depan memakai jenis terbaru dengan air dam yang lebih besar guna menunjang pendinginan jantung mobil secara optimal.

    Khusus tipe R Sporty dilengkapi lampu DRL disamping lampu kabut
    Khusus tipe R Sporty dilengkapi lampu DRL disamping lampu kabut

    Khusus untuk Great New Xenia tipe R Sporty, ada lampu DRL yang ditanamkan disamping lampu kabut, ini semakin menguatkan aura Xenia sebagai mobil keluarga yang modern.

    MORE PHOTO:

    KOMENTAR