Honda: Kabel Throttle Rusak Penyebab Stoner Terguling di Suzuka 8 Hours

    Honda: Kabel Throttle Rusak Penyebab Stoner Terguling di Suzuka 8 Hours

    SHARE
    MUSHASHi RT Harc-Pro Honda (Suzuka 8H)
    MUSHASHi RT Harc-Pro Honda (Suzuka 8H)

    MESINBALAP.com – Honda Racing Corporation (HRC) telah melakukan investigasi terkait kecelakaan fatal yang menimpa Casey Stoner di Suzuka 8 Hours akhir pekan kemarin. Analisa secara mendetail dilakukan pihak HRC pada Honda CBR1000RRW spek endurance (MUSHASHi RT Harc-Pro) yang ditunggangi Stoner.

    Pihak HRC menyimpulkan bahwa kecelakaan yang menimpa Stoner kemarin murni disebabkan karena masalah kabel throttle/kabel gas. HRC mengatakan kabel gas tersebut tidak bekerja secara normal alias terjadi malfungsi.

    Itu sebabnya Stoner mengaku terkendala masalah teknis dan sempat mengatakan “Stuck Throttle” setelah terjungkal dari tunggangannya, atau dengan kata lain kabel gasnya nyantol.

    BACA: Stoner Cedera Patah Tulang Setelah Alami Kecelakaan Fatal di Suzuka 8 Hours 2015

    “Mengecek throttle, yang merupakan spesifikasi khusus untuk motor Factory Endurance HRC dan berbeda dengan throttle standar yang digunakan pada Honda CBR1000RR versi jalan raya. Kerusakan ditemukan terkait dengan kabel throttle”, tulis HRC dalam keterangan resminya.

    Menurut HRC, masalah seperti ini tidak pernah muncul sebelumnya. Dan mereka berencana mendesain throttle baru untuk balap ketahanan Suzuka 8 Hours agar masalah serupa tidak muncul lagi.

    cssuzuka8H

    “Masalah seperti ini tidak muncul sebelumnya, namun HRC akan berhenti menggunakan spesifikasi throttle ini dan akan merancang throttle baru yang akan digunakan untuk balap ketahanan”, tambah HRC.

    “HRC ingin meminta maaf kepada Casey Stoner dan berterima kasih atas usaha yang dia lakukan dalam menghadiri event Suzuka 8 Hours.”

    KOMENTAR