Woww… Mobil Terbang Ini Siap Lepas Landas, Gak Bikin Jalanan Macet (Video)

    Woww… Mobil Terbang Ini Siap Lepas Landas, Gak Bikin Jalanan Macet (Video)

    SHARE
    Mobil Terbang Terrafugia TF-X
    Mobil Terbang Terrafugia TF-X

    MESINBALAP.com – Kalau dipikir-pikir, inovasi di dunia otomotif memang tak ada habisnya. Setelah banyak teknologi disematkan pada berbagai model kendaraan roda dua dan empat. Kini sebuah mobil terbang seperti di film Back to the Future dikabarkan akan siap meluncur pada tahun 2021 mendatang.

    Mobil berjuluk TF-X ini merupakan buatan produsen asal Amerika, Terrafugia. Sebetulnya sebelum ini TF-X sudah pernah diperkenalkan, namun kini dengan sayap barunya, mobil itu kembali diupgrade lebih jauh dengan beragam fitur-fitur otomotif yang canggih.

    Tampilan luarnya sudah dirubah total. Wajah mobil yang sebelumnya mirip moncong ikan, sekarang telah berganti wujud jadi lebih rapi dan elegan. Desainnya pun mencerminkan identitas sebuah kendaraan modern dengan struktur aerodinamis yang bagus.

    Untuk keperluan ngaspal, TF-X mengandalkan mesin bensin plus sistem hybrid yang mampu menghasilkan output daya 300 HP. Unit ini juga membantunya lepas landas dengan line vertikal layaknya helikopter.

    Ketika melayang di langit, lajunya beralih mengandalkan engine pesawat besutan Rotax yang berdaya 100 HP. Untuk baterai listriknya dapat dicharge dengan mesin bensin atau dicolok ke stasiun pengisian daya mobil listrik.

    Terrafugia TF-X Bisa meminimalisir kemacetan lalu linstas?
    Bisa meminimalisir kemacetan lalu linstas?

    Saat memasuki mode terbang, TF-X akan mengeluarkan sayapnya, kemudian sepasang motor listrik pada ujung sayap akan menyala dan dua baling-baling kecil pun berputar untuk mengangkat mobil dari tanah, lalu kemudian kembali dilipat ketika mobil mulai menelajah.

    Hadir dengan kapasitas empat penumpang, TF-X mampu menempuh perjalanan sejauh 650 km bila dipakai melaju dengan kecepatan 160 km/jam. Sementara itu jika digeber secara maksimal, top speednya akan mencapai 320 km/jam. TF-X sendiri memiliki setir yang sama seperti milik mobil-mobil di darat, dan cara kerjanya pun tak terlalu sulit untuk dipahami.

    Tak perlu naik pesawat terbang?
    Tak perlu naik pesawat terbang?

    Dalam mode terbang, kemudi mobil akan dikontrol oleh sistem otonom hingga mencapai tujuan yang ditentukan. Namun di tengah jalan pilot bisa mengubah arah atau mengambil alih kendali demi keselamatan.

    Karena jadwal launchingnya masih jauh beberapa tahun mendatang, banderol untuk TF-X masih belum ditetapkan. Rasanya juga masih terlalu dini untuk mengira-ngira berapa harganya nanti, yang pasti itu tidak akan murah.

    Sekarang sambil menanti kehadirannya, mari kita simak penampilan keren mobil terbang ini, dalam video presentasi berikut:

    MORE PHOTO:

    Sumber: gizmag.com

    KOMENTAR