Reinkarnasi Texas Ceegar, Pemecah Rekor Kecepatan Darat

Reinkarnasi Texas Ceegar, Pemecah Rekor Kecepatan Darat

SHARE
Triumph Bonneville T214
Triumph Bonneville T214

MESINBALAP.com – Guna menghormati streamliner Texas Ceegar yang pernah memecahkan rekor kecepatan di tahun 1956 silam, produsen sepeda motor asal Inggris, Triumph Motorcycles, menciptakan kuda besi baru yang diberi nama Bonneville T214.

Model ini dikembangkan berbasis pada Bonneville T100 dan diproduksi terbatas hanya sebanyak 1000 unit.

Texas Ceegar sendiri dahulunya merupakan sebuah streamliner berbahan bakar methanol yang diperkuat oleh mesin Triumph Thunderbird 650cc dan melaju di Bonneville Salt Flats dengan kecepatan 345 km/jam.

Kini T214 berusaha untuk membangkitkan kembali aura kendaraan legendaris itu dengan menampilkan kombinasi warna yang sama: biru-putih, disertai dengan aksen kotak-kotak merah seperti bendera balap.

Atribut unik lain yang dapat dijumpai pada motor ini adalah emblem yang terdapat pada tangkinya, sebagai pengingat atas keberhasilan penunggang Texas Ceegar, Johnny Allen, dalam memecahkan rekor kecepatan darat.

Jika menengok ke bagian depan motor, maka akan mendapati lampu bulat sperti milik T100, namun dengan ukuran yang sedikit lebih kecil, serta cekungan yang lebih dalam.

Warna hitam juga tampak cukup dominan pada T214, sebagaimana terlihat pada bagian-bagian seperti setang, pelek dan suspensinya yang tampil gelap. Sedangkan untuk joknya diselingi dengan jahitan warna merah.

Nuansa klasik semakin kuat dengan sepatbor belakang yang sudah di-redesain dengan warna putih. Berbicara soal mesinnya, T214 mengandalkan unit parallel-twin berkapasitas 865cc. Harga yang dipatok untuk bisa membawa pulang motor edisi spesial ini adalah $9.999 atau sekitar Rp 134 juta.

Sumber: motorcycle.com

KOMENTAR