Transformasi Ducati 1199 Panigale S Versi Full Serat Karbon

    Transformasi Ducati 1199 Panigale S Versi Full Serat Karbon

    SHARE

    Ducati 1199 Panigale S Full Carbon Fiber - Images 01MESINBALAP.com – Untuk beberapa alasan, moge dengan fairing full serat karbon bisa menjadi tunggangan yang jauh lebih kuat, lebih sangar, dan bahkan bisa lebih cepat.

    Faktanya, material ini digunakan di tim-tim balap MotoGP, sehingga memungkinkan fairing pada sepeda motor menjadi sangat kuat, sementara pada saat yang sama tetap mempertahankan bobot yang seringan mungkin.

    Bagaimanapun juga, serat karbon pada motor MotoGP tidak akan terlihat dengan jelas, kecuali jika para rider sedang berada di atas trek untuk melakukan pengujian pra-musim.

    Saat awal kejuaraan sudah semakin dekat, maka sepeda motor akan dipakaikan ‘seragam’ berlivery resmi dari tim masing-masing yang juga ditempeli stiker sponsor di sana-sini hingga tampilannya mudah dikenali dari tribun penonton.

    Namun berbeda dengan apa yang dilakukan pada motor di MotoGP, sebuah bengkel bernama “Arete Americana” justru membangun model kustomnya yang mengaburkan identitas motor dan menonjolkan penampakan serat karbon.

    Ducati 1199 Panigale S Full Carbon Fiber - Images 04

    Lazimnya, karakteristik lampu depan ganda dengan bentuk khusus yang disertai kombinasi warna merah akan membuat Ducati 1199 Panigale S lebih mudah untuk dikenali. Namun bengkel asal Amerika Serikat tersebut justru menghilangkan warna merah yang menjadi ciri khas Ducati, dan menggantinya dengan warna hitam yang terkesan seadanya.

    Arete Americana tentu sudah berusaha menambahkan serat karbon ke bagian yang tepat pada Panigale ini. Artinya, jika pengaplikasian material tersebut dilakukan lebih jauh pada roda, pelindung mesin, dan knalpot, maka mungkin hasilnya akan terlihat mengecewakan.

    Ducati 1199 Panigale S Full Carbon Fiber - Images 011

    Untuk peleknya, Arete memasangkan merek O.Z. Racing dan bukan BST seperti yang mungkin diharapkan oleh sebagian bikers. Sementara itu silencer Termignoni tidak tersentuh oleh modifikasi, begitu juga dengan bagian mesin motor.

    Di satu sisi, kombinasi tampilan ini bisa dibilang sudah pas, karena tekstur matte dari aluminium dan magnesium dapat menciptakan kontras yang teratur dengan lapisan serat karbon.

    Ducati 1199 Panigale S Full Carbon Fiber - Images 013

    Demikian pula dengan pemilihan tangki bahan bakar yang menggunakan material aluminium cerah, hingga dapat menghadirkan nuansa elegan pada fairing. Jok juga didandani dalam bahan yang menyerupai tekstur serat karbon, serta dilengkapi dengan cover belakang yang serasi.

    Entah berapa dana yang telah dikucurkan untuk mewujudkan transformasi Panigale ini, tak ada keterangan dari bengkel Arete Americana. Namun satu hal yang pasti, biaya modifikasi ini tidaklah murah.

    MORE PHOTO:


    Sumber: autoevolution.com

    KOMENTAR