Mobil Pertama Yamaha Bakal Meluncur di Eropa

    Mobil Pertama Yamaha Bakal Meluncur di Eropa

    SHARE
    Lexus LFA dengan mesin pengembangan Yamaha (1LR-GUE V10)
    Lexus LFA dengan mesin pengembangan Yamaha (1LR-GUE V10)

    MESINBALAP.com – Sebagaimana kita ketahui, Yamaha telah dikenal luas sebagai salah satu pabrikan sepeda motor paling terkenal di muka bumi. Pada tahun 1964 silam, pabrikan asal Jepang tersebut telah menjalin kerjasama dengan Toyota Motor Corporation.

    Meskipun ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah bahwa Yamaha akan memproduksi mobil, namun setidaknya mereka pernah terlibat dalam industri roda empat sebelumnya, berkat hubungan kemitraannya dengan Toyota.

    Menurut Presiden sekaligus Direktur Utama Yamaha Motor Co, Hiroyuki Yanagi, mereka akan memproduksi mobil-mobil kecil untuk pasar Eropa.

    Eropa dianggap sebagai tempat terbaik untuk meluncurkan mobil rilisan pertama karena perencanaan kota yang tepat sudah ditetapkan disana. Demi mencapai tujuan ini, Yamaha telah menyiapkan dana puluhan milyar yen guna mendirikan sebuah pabrik di Eropa, dimana model mobil pertamanya akan diproduksi.

    Mobil subkompak buatan Yamaha akan diberi julukan Motiv Concept Microcar, yang memiliki kapasitas dua penumpang. Bersamaan dengan microcar dua penumpang paling populer di Eropa, “ForTwo”, yang diproduksi oleh anak perusahaan Daimler yakni Smart.

    BACA JUGA: Mobil Pertama Yamaha Siap Diproduksi

    Motiv akan dilepas ke pasar dengan mengusung mesin bensin 1.0 liter yang juga disertai dengan versi elektrik. Diciptakan dengan bantuan perancang mobil F1, Gordon Murray, Motiv didesain hanya untuk menempuh perjalanan jarak dekat.

    Karena kemungkinan akan terjadi peningkatan produksi secara global, Yamaha ingin memanfaatkan peluang ini untuk benar-benar terjun ke industri automobile. Pabrikan garpu tala akan menjadi carmaker Jepang kesembilan bersamaan dengan Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Mazda, Mitsubishi, Daihatsu dan Subaru.

    Yamaha Motive Concept
    Yamaha Motive Concept

    Yanagi meyakini akan adanya peluang baru yang tercipta dengan peluncuran Motiv, karena saat ini pertumbuhan pasar mobil sudah semakin pesat di seluruh dunia. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh IHS, diperkirakan pada tahun 2021 permintaan untuk mobil akan meningkat hingga 21 juta unit.

    Sementara di tahun 2013, 40% dari mobil baru yang dijual di Eropa adalah model-model berukuran kecil. Jadi keputusan Yamaha untuk memasuki segmen ini cukup tepat. Dan meskipun mereka akan meluncurkan mobil di masa depan, namun produksi sepeda motornya akan tetap dilanjutkan.

    Sumber: mnrdaily.com

    KOMENTAR